ANALISIS AGRIBISNIS RUMPUT LAUT (Eucheuma cottonii) DI DESA TANJUNG KECAMATAN SARONGGI KABUPATEN SUMENEP

MOHAMMAD FATWA MUBARAK

Abstract


Agribisnis merupakan suatu kesatuan kegiatan usaha yang meliputi dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas, yaitu kegiatan usaha yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan usaha yang ditunjang oleh kegiatan-kegiatan pertanian. Kegiatan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi sampai pemasaran dalam kegiatan usaha budidaya rumput laut. Diharapkan pula dari penelitian ini bisa dijadikan pijakan awal untuk melangkah dan sebagai bahan informasi untuk mengembangkan usaha budidaya rumput laut.
Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di desa Tanjung kecamatan Saronggi kabupaten Sumenep pada tanggal 15 Maret-31 Maret 2006. Dalam penelitian ini yang dijadikan obyek adalah usaha budidaya rumput laut sampai pemasaran hasil ditinjau dari analisis agribisnis di desa Tanjung kecamatan Saronggi. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan sampling acak sederhana (simple random sampling) yang ditujukan kepada 12 responden terkait dengan pelaku usaha budidaya rumput laut, sedangkan pengambilan data secara deskriptif meliputi observasi, menggunakan pertanyaan dan wawancara.
Rantai produksi pada kegiatan usaha budidaya rumput laut secara teknis meliputi beberapa tahapan kegiatan antara lain : persiapan rakit, pemilihan bibit, penanaman bibit, perawatan selama pemeliharaan, pemanenan dan pemasaran. Analisis pasar yang meliputi rantai pemasaran dan marjin pemasaran. Analisis aspek finansial yang meliputi produksi dan penerimaan serta analisis untung rugi.
Total penerimaan pada responden yang didapat dalam sekali produksi beragam dengan rata-rata penerimaan Rp. 4.456.145,83 per periode dimana rata-rata hasil produksi sebanyak 1095,83 kg (kering). Jumlah keuntungan hasil dari usaha budidaya rumput laut rata-rata Rp. 16.643.530,56 per tahun dan Rp. 2.080.441,32 per periode. Total biaya usaha budidaya rumput laut per rakit Rp. 1.012.500,00 dimana biaya produksi Rp. 469.000,00 dengan penerimaan Rp. 476.000,00 per periode.

download

Keywords


RUMPUT LAUT;AGRIBISNIS