PENGARUH PERBEDAAN LEVEL PROTEIN PAKAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK, RETENSI PROTEIN DAN RASIO EFISIENSI PROTEIN LOBSTER AIR TAWAR (Cherax quadricarinatus)

EFA NUR CAHAYA NINGSIH

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Indoor Perikanan, Fakultas Peternakan-Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 14 Mei ? 26 Juni 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh level protein pakan yang berbeda terhadap laju pertumbuhan spesifik, retensi protein dan rasio efisiensi protein pada lobster air tawar (Cherax quadricarinatus).
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Analisis data yang digunakan adalah analisis sidik ragam atau uji F dengan tingkat kepercayaan 95 %. Jika uji F berbeda nyata atau sangat nyata maka dilanjutkan ke uji Beda Nyata Terkecil (BNT).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian level protein pakan yang berbeda berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan spesifik dan berpengaruh sangat nyata terhadap retensi protein dan rasio efisiensi protein lobster air tawar (Cherax quadricarinatus). Laju pertumbuhan terbaik diperoleh pada perlakuan A atau level protein pakan 15% dengan nilai SGR sebesar 1.10%BW/Minggu, begitu pula dengan Retensi protein dan rasio efisiensi protein yang tertinggi ditemukan pada perlakuan A dengan nilai retensi protein sebesar 57.26% dan rasio efisiensi protein sebesar 1.76%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laju pertumbuhan spesifik, retensi protein dan rasio efisiensi protein juvenil lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) yang terbaik terdapat pada perlakuan A yaitu pada level protein pakan 15%.

download

Keywords


Protein;laju pertumbuhan spesifik;retensi protein;rasio efisiensi protein; lobster