PENGARUH pH YANG BERBEDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN MUTLAK LOBSTER AIR TAWAR (Cherax quadricarinatus)

EKA LESTARI SUYONO

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Indoor Perikanan, Fakultas Peternakan-Perikanan Unversitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 15 Febuari-15 Maret 2006. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pH yang berbeda dan pH yang baik terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan lobster air tawar (Cherax qadricarinatus).
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 5 perlakuan dan masing-masing perlakuan di ulang sebanyak 3 kali. Analisa data yang digunakan adalah analisis sidik ragam atau uji F. Jika uji F berbeda sangat nyata maka dapat dilanjutkan ke uji Beda Nyata Terkecil (BNT).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pH yang berbeda sangat nyata terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan lobster air tawar(Cherax quadricarinatus). Pertumbuhan yang terbaik adalah pada perlakuan
C (pH 7) dengan pertumbuhan 1.19 gr kemudian di ikuti D (pH 8) 1.00 gr, B (pH 6) pertumbuhannya 0.25 gr serta perlakuan A (pH 5) dan perlakuan E (pH 9) pertumbuhannya 0.02 gr. Sedangkan kelangsungan hidup yang terbaik terdapat pada perlakuan C (pH 7) dengan persentase kelangsungan hidup 87.5 %. Sedangkan pengukuran kualitas air suhu lobster air tawar berkisar antara 23.96?C-24.15?C dan DO (Oksigen Terlarut) menunjukkan kisaran yang baik yaitu 5.70 ppm-24.15ppm.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan dan kelangsungan hidup lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) yang terbaik terdapat pada perlakuan C dengan pH 7.

download


Keywords


Pengaruh pH