EFEKTIFITAS PENGOLESAN LARUTAN SULFUR DAN BUBUR KALIFORNIA PADA PENGENDALIAN PENYAKIT CROWN GALL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TANAMAN MAWAR MERAH POTONG (Rose hybrida)

Didik Hari Wijaksono

Abstract


Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membandingkan efektifitas sulfur dan bubur kalifornia pada beberapa tingkat konsentrasi dalam menanggulangi penyakit Crown Gall serta mengetahui pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mawar merah potong.
Hipotesis dari penelian ini adalah : a) Diduga terdapat perbedaan efektifitas dari pengaruh interaksi antara macam larutan kimia (larutan sulfur dan bubur kalifornia) dan konsentrasinya dalam mengendalikan penyakit Crown Gall serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil mawar merah potong, b) Diduga terdapat perbedaan efektifitas dari tiap jenis (larutan sulfur dan bubur kalifornia) dalam mengendalikan penyakit Crown Gall serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil mawar merah potong.
Penelitian dilaksanakan di desa Gunung sari , Batu. Terletak pada ketinggian 1400 m dpl. Pada jenis tanah Andosol. Dengan kisaran pH 5.5-7.0. Kisaran curah hujan 1500-3000 mm/th. Pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2004, dengan suhu rata-rata harian antara 19,5-22,6 derajat C.
Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial dengan dua faktor yang diulang 3 kali. Faktor I perlakuan jenis larutan kimia dengan 2 level : F1 = larutan sulfur, F2 = larutan bubur kalifornia. Faktor II perlakuan konsentrasi dengan 5 level : K1 = Konsentrasi 1 g/l, K2 = Konsentrasi 2 g/l, K3 = Konsentrasi 3 g/l, K4 = Konsentrasi 4 g/l, K5 = Konsentrasi 5 g/l.
Parameter Pengamtan meliputi : Diameter kecil dan besar Crown Gall, panjang batang utama tanaman (cm), jumlah daun, (helai), panjang tangkai bunga saat panen I dan II, jumlah bunga pada periode panen I dan II. 
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikesimpulkan sebagai berikut, Interaksi berpengaruh tidak nyata antara perlakuan Jenis dan konsentrasi larutan kimia terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan jenis larutan kimia menunjukkan berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter pengamatan. Tetapi ada kecenderungan penurunan ukuran Crown Gall. Perlakuan konsentrasi larutan kimia menunjukkan berpengaruh tidak nyata pada semua parameter pengamatan. Tetapi ada kecenderungan penurunan ukuran Crown Gall. Pengaruh perlakuan versus kontrol tidak nyata pada semua parameter pengamatan, terkecuali pada diameter Crown Gall besar. Perlakuan pemberiam jenis dan konsentrasi larutan kimia menyebabkan Crown Gall ukuran besar berkurang secara nyata.

Keywords


CROWN GALL; MAWAR MERAH POTONG