PENGARUH DOSIS PUPUK KASCING DAN AZOLA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) VARIETAS ROBERTO

MIRZA MUH. SIROJUL MUNIR

Abstract


Pertumbuhan tanaman mentimun dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan, salah satunya adalah tersedianya unsur hara. Unsur hara ini dapat diperoleh dari penggunaan pupuk kascing dan pupuk azolla. Pupuk kascing mengandung unsur hara yang lengkap, baik unsur makro maupun mikro. Diantaranya N, P, K, Ca, Mg, Na, Cu, Zn, Mn, Fe, B, dan Mo.
Pupuk azolla mempunyai keistimewaan karena mampu menambat N2 dari udara sehingga mampu meningkatkan bahan organik terutama nitrogen untuk pertumbuhan tanaman. Azolla juga tidak beracun bagi tanah, unggas dan ikan, dengan demikian azolla dapat digunakan untuk pupuk berbagai tanamaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk kascing dan azolla yang tepat untuk mendapatkan pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun yang optimal.
Penelitian ini dilakukan di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo Kotatif Batu, Kabupaten Malang pada ketinggian tempat 550 m dpl. Suhu rata-rata harian ? 25-30˚ dan pH tanah ? 6,5. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-Desember 2004.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Percobaan Faktorial yang disusun secara RAK dengan 2 faktor dengan 3 ulangan.
Faktor I adalah perlakuan dosis pupuk kascing yang terdiri dari 3 level : K0 = 0 g/polybag, K1 = 150 g/polybag, K2 = 200 g/polybag. Faktor II adalah perlakuan dosis pupuk azolla terdiri dari 3 level : A0 = 0 g/polybag, A1 = 150 g/polybag, A2 = 200 g/polybag.
Analisis statistik yang digunakan adalah analisis Ragam RAK faktorial dengan uji f 5%. Dan untuk mengetahui perbbedaan antar perlakuan dilakukan uji Duncan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara perlakuan dosis pupuk kascing dan azolla terhadap luas daun pada umur 35.
Secara terpisah perlakuan dosis pupuk kascing berpengaruh nyata terhadap parameter panjang tanaman, diameter batang, jumlah daun, luas daun, jumlah buah per tanaman, panjang buah, berat buah ber buah, berat buah per tanman.
Perlakuan dosis pupuk azolla berpengaruh nyata terhadap parmeter panjang tanaman, jumlah daun, luas daun, diameter buah, berat segar buah per buah, berta segar buah per tanaman.
Perlakuan dosis pupuk kascing 200 g/polybag (K2) memberikan bobot 368,04 g. Sedang perlakuan dosis pupuk azolla bobot tertinggi terdapat pada dosis 200 g/pol;ybag (A2) dengan nilai 367,19 g.

Keywords


PUPUK KASCING; MENTIMUN VARIETAS ROBERTO