PENGARUH MACAM SERBUK GERGAJI KAYU DAN PENAMBAHAN NUTRISI TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR SHIITAKE (Lentinus edodes L.) PADA DATARAN MEDIUM

SISTININGSIH IKA DEWI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis media serbuk gergaji dan macam nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jamur shiitake.
Bahan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Bibit Jamur Shiitake, yang berasal dari Unit Produksi Pusat Pengembangan Bioteknologi Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang.
Penelitian ini dilakukan di Unit Produksi Pusat Pengembangan Bioteknologi Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang, dengan ketinggian tempat 550 meter dpl dengan suhu 24C-26C dan kelembaban 70%-80%.
Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) 2 faktor: Faktor I. Macam Nutrisi yang terdiri dari 2 level yaitu (N1) Tepung Jagung dan (N2) Beras. Faktor II. Jenis serbuk gergaji kayu yang terdiri dari 4 level yaitu, (K1) Jati; (K2) Sengon; (K3) Pinus dan (K4) Damar. Sehingga dari 2 faktor ini didapatkan 8 kombinasi perlakuan yang masing-masing kombinasi perlakuan diatas diulang sebanyak 3 kali.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat adanya interaksi antara penambahan macam nutrisi dan jenis serbuk gergaji kayu pada fase pertunbuhan misellium, hasil paling baik didapatkan dari perlakuan kayu sengon dan beras (N2K2), serta perlakuan kayu damar dan beras (N2K4). Perlakuan penambahan nutrisi beras menunjukkan hasil optimal pada fase pertumbuhan miselium, tetapi tidak optimal pada saat pembentukan primordia atau bakal buah. Sedangkan nutrisi jagung menunjukkan hasil yang optimal pada aaat pertumbuhan misellium dan pembentukan primordia. Penggunaan serbuk gergaji kayu keras (jati) memberikan hasil yang lebih maksimal pada saat pembentukan primordia dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan serbuk gergaji jenis kayu lunak.

Keywords


Jamur Shiitake; Serbuk Gergaji Kayu; Nutrisi; Misellium; Primordia