PENGARUH MACAM DAN INTERVAL PEMBERIAN PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (Capsicum annum L . ) VARIETAS HOT BEAUTY

VERA DWITA ARI SUSANA

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh macam dan interval pemberian pupuk daun terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai. Hipotesis dari penelitian ini adalah (1) diduga ada interaksi antara macam dan interval pemberian pupuk daun terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai (2) diduga ada pengaruh macam pupuk daun terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai (3) diduga ada pengaruh interval pemberian pupuk daun terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai.
Penelitian ini dilakukan di Dau dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Penelitian ini dilaksanakan 1 Juli sampai dengan 13 Oktober 2004.
Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: cangkul, gembor, penggaris, alat tulis, timbangan dan handsprayer. Sedangkan bahan yang dibutuhkan antara lain bibit cabai hot beauty, pupuk kandang ayam, pupuk daun plant catalyst, bayfolan dan superflora.
Penelitian ini menggunakan RAK Faktorial dengan rancangan kontras orthogonal 3 kali ulangan ditambah kontrol 1, dengan menggunakan 4 sampel per perlakuan. Faktor I: macam pupuk daun yang terdiri atas 3 taraf yaitu MI: Pupuk daun Plant Catalyst, M2: Pupuk daun bayfolan, M3: Pupuk daun superflora. Faktor II: interval pemberian pupuk daun terdiri atas 3 taraf yaitu M1: 7 hari sekali, M2: 14 hari sekali, M3: 21 hari sekali dan kontrol 1 dari kedua faktor tersebut maka diperoleh : M0I0, M1I1, M1I2, M1I3, M2I1, M2I2, M2I3, M3I1, M3I2, M3I3.
Pengamatan dilakukan secara destruktif dan non destruktif terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai yang meliputi tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm), jumlah buah, panjang buah (cm), diameter buah (cm) dan berat buah (gr).
Analisis data yang digunakan adalah uji F 5% dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf 5% untuk membandingkan perbedaan antar perlakuan satu dengan yang lainnya.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi dan pengaruh pada perlakuan macam pupuk daun, sedangkan interval pemberian pupuk daun tidak berpengaruh nyata hampir pada semua parameter kecuali pada jumlah daun, luas daun, jumlah buah dan berat buah dengan perlakuan 7 hari sekali lebih baik dibanding yang lainnya. 

Keywords


pupuk daun; hasil tanaman cabe merah