PENGARUH JENIS LIMBAH ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAMUR TIRAM MERAH MUDA (Pleurotus flabellatus)

MEGAWATI ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui limbah organik mana yang memberikan pertumbuhan dan hasil jamur secara optimal.
Percobaan ini dilaksanakan di Desa Tegal gondo Kecamatan Lowokwaru, Kabupaten Malang. Percobaan dilakukan dengan rancangan acak lengkap (RAL) sederhana yang diulang sebanyak 3 kali dengan 10 macam media, yaitu : M1 = Serbuk gergaji kayu jati, M2 = Serbuk gergaji kayu sengon, M3 = Serbuk gergaji kayu mahoni, M4 = Serbuk gergaji kayu damar, M5 = Serbuk gergaji kayu kelapa, M6 = Jerami, M7 = Kertas, M8 = Ampas tebu, M9 = Tongkol jagung dan M10 = Klaras pisang, pada bulan juli sampai dengan Nopember 2004.
Pengamatan mulai dilakukan setelah miselium tumbuh pada media,dengan selang waktu pengamatan 7 hari. Adapun parameter yang diamati meliputi saat munculnya miselium (HSI), panjang miselium (cm), saat panen pertama (HSI), diameter badan buah (cm), berat segar tubuh buah (g) dan efisiensi biologi jamur (%). Analisis data yang digunakan adalah uji F dengan taraf 5% dan taraf 1%, apabila berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf 5%.
Hasil Pengamatan menunjukkan bahwa jenis media limbah organik berpengaruh sangat nyata pada semua peubah yang diamati. Perlakuan media serbuk gergaji kayu sengon, jerami dan klaras pisang menunjukan rata-rata pertumbuhan jamur (saat munculnya miselium) yang paling cepat, sedangkan pada pengamatan peubah panjang miselium dan saat panen pertama media limbah organik serbuk geraji kayu sengon dan kertas yang paling cepat. Penggunaan media limbah organik ampas tebu dan serbuk gergaji kayu sengon yang paling baik pada peubah diameter badan buah maupun berat segar tubuh buah jamur tetapi tidak berbeda nyata dengan media limbah organik tongkol jagung, kertas, serbuk gergaji kayu jati, serbuk gergaji kayu damar, serbuk gergaji kayu mahoni dan serbuk gergaji kayu kelapa. Pada pengamatan peubah efesiensi biologi jamur, media limbah organik ampas tebu yang paling tinggi nilai efisiensi biologinya. 

Keywords


Jamur tiram merah muda; limbah organic; pertumbuhan dan hasil.