Department of Agronomy, 2008

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PENGARUH JENIS DAN DOSIS PUPUK MAJEMUK TERHADAP PERTUMBUHAN ADENIUM (Plumeria acuminate var. Adenium)

AGUNG BUDI SANTOSO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan jenis pupuk majemuk dan dosis yang baik bagi pertumbuhan adenium. Manfaat penelitian ini agar dapat memberikan informasi penggunaan jenis pupuk dan dosis pemupukan yang baik bagi untuk pertumbuhan vegetatif tanaman adenium. Hipotesis diduga terdapat pengaruh interaksi nyata dari jenis dan dosis pupuk terhadap parameter pertumbuhan vegetatif adenium, diduga jenis pupuk dapat memperbaiki pertumbuhan vegetatif tanaman adenium, dan dosis pemupukan meningkatkan pertumbuhan vegetatif adenium.
Penelitian dilaksanakan di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Malang, dengan ketinggian tempat kurang lebih 560 m dpl, mulai Juli sampai Oktober 2007. Alat yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, pot plastik, ayakan pasir, timbangan, penggaris, jangka sorong, gelas ukur, sprayer, plastik, buku dan peralatan tulis. Sedangkan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bibit adenium, pasir malang, arang sekam, pupuk NKP mutiara, dekastar, dekastar plus, insektisida dan fungisida
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Rancangan Acak Kelompok yang disusun secara faktorial dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah Jenis Pupuk (P) yang terdiri dari 3 level yaitu : P1 : pupuk Dekastar Plus , P2 : pupuk NPK Mutiara, P3 : pupuk Dekastar. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pemupukan yang terdiri dari 4 level yaitu : D0 : Kontrol (Tanpa pemupkan), D1 : dosis 1 g/tanaman, D2 : dosis 2 g/tanaman , D3 : dosis 3 g/tanaman .
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi interaksi antara jenis dan dosis pupuk terhadap pertumbuhan vegetatif adenium. Secara terpisah perlakuan jenis pupuk berpengaruh nyata terhadap pertambahan diameter bonggol adenium, dan jenis pupuk dekastar plus yang baik dibandingkan dengan dekastar dan NPK mutiara. Perlakuan dosis pupuk berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman, diameter bonggol, jumlah daun dan luas daun. Dosis pupuk 2 gram/tanaman yang baik untuk pertumbuhan tinggi tanaman dan diameter bonggol, serta 3 g/tanaman yang baik untuk jumlah dan luas daun.


Abstract: PDF , PS , DOC