STUDI PEMBUATAN TABLET EFFERVESCENT DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA MAWAR MERAH (Rosa damascena Mill.) (Kajian Warna Bunga dan Jenis Gula)

IKA RATNA AGUSTIN (

Abstract


Mawar Merah (Rosa damascena Mill.) merupakan salah satu produk hasil pertanian yang berfungsi sebagai tanaman hias. Mahkota bunga mawar juga diketahui mengandung vitamin C dan pigmen antosianin yang tergolong flavonoid yang dapat berfungsi sebagai penangkap radikal bebas (zat antioksidan). Pemanfaatan mahkota bunga mawar sebagai obat bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman yang berupa sari bunga mawar atau berbentuk tablet effervescent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna bunga terhadap kualitas tablet effervescent mawar, mengetahui interaksi perlakuan antara warna bunga dengan jenis gula terhadap kualitas tablet effervescent mawar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga warna bunga berpengaruh terhadap kualitas pigmen mawar, diduga terdapat interaksi antara warna bunga dengan jenis gula terhadap kualitas tablet effervescent mawar serta terhadap kualitas minuman effervescent mawar.
Penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan, yaitu tahap I dengan 2 level percobaan, menggunakan Rancangan Acak Lengkap Sederhana: Warna bunga mawar, M1 (Merah tua) dan M2 (Merah muda). Tahap II, menggunakan Rancangan Acak Kelompok secara Faktorial, faktor pertama terdiri atas 2 level percobaan yakni M1 (merah tua) dan M2 (merah muda), sedangkan faktor kedua terdiri dari 3 level percobaan yakni G1 (sukrosa), G2 (dekstrosa) dan G3 (tropicana slim), dan diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perlakuan warna bunga merah tua memiliki kualitas bubuk ekstrak pigmen lebih baik dengan tingkat kecerahan (L) 77,3 dan tingkat kemerahan (b+) 25,033. Tablet effrevescent terbaik dihasilkan oleh kombinasi perlakuan M1G3 (Merah tua : tropicana slim) merupakan perlakuan terbaik, yang memiliki kadar air 8,179%; tingkat kekerasan 11,5 kg/cm2; kecepaan larut 0,029 g/dt; tingkat kecerahan (L) 84,133, tingkat kemerahan (a+) 18,3 dan tingkat kekuningan (b) 2,733. Pada minuman effervescent mawar yang dihasilkan memiliki nilai pH 6,46; viskositas 32,867 cps; total padatan 0,814 g/g dan tota gula 52,150%.

Keywords


Pigmen Antosianin Mawar; Tablet Effervescent; umm