STUDI PEMBUATAN TABLET EFFERVESCENT DENGAN MENGGUNAKAN EKSTRAK BUNGA KANA (Canna coccinea Mill )(KAJIAN JENIS PELARUT,WARNA BUNGA DAN JENIS GULA )

Husni Thamrin

Abstract


Bunga kana merupakan salah satu produk hasil pertanian yang berfungsi sebagai tanaman hias. Pigmen bunga kana merah dan kuning memiliki kandungan senyawa Flavonoid, tepatnya antosianin dan antosantin. senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai bahan penangkap radikal bebas. Pemanfaatan mahkota bunga kana sebagai obat bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman yang berupa sari bunga kana atau berbentuk tablet, misalnya effervescent.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis pelarut terhadap kualitas pigmen dari bunga kana merah dan bunga kana kuning, mengetahui adanya interaksi antara warna bunga dan jenis gula terhadap kualitas tablet effervescent yang dihasilkan, mengetahui jenis gula yang sesuai untuk membuat tablet effervescent dari pigmen bunga kana merah dan kuning. Penelitian dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama menggunakan RAK sederhana, dengan perlakuan yang diulang 3 kali dan Tahap II dilakukan dengan menggunakan metode RAK Faktorial, dengan dua faktor perlakuan dan diulang 3 kali. Tahap I yaitu jenis pelarut pada bunga kana merah dan kuning, dengan faktor perlakuan jenis pelarut (aquades dan etanol). Tahap II yaitu aplikasi ekstrak bunga kana pada tablet effervescent, Faktor I : Warna Bunga (W1= Kana Merah, W2 = Kana Kuning) Faktor II : Jenis Gula (G1 = Sukrosa dan G2 = Tropicana Slim) . Parameter yang dilakukan meliputi kadar air, total gula, TPT, pH, tekstur, viskositas, kecepatan larut, kecerahan (L), kemerahan (a+), kekuningan (b+) tablet dan larutan effervescent, dan uji organoleptik rasa, aroma, warna dan kenampakan. Perlakuan terbaik (uji De Garmo) diperoleh pada sampel tablet effervescent bunga kana perlakuan W2G1 (kana kuning tropicana slim), yang memiliki kadar air 2,120 %; kekerasan (tekstur) tablet 10,667 kg/dtk; tingkat kecerahan (L) 93,5; tingkat kemerahan (a+) 0,30 dan tingkat kekuningan (b+) 6,0. Larutan tablet effervescent tersebut memiliki nilai pH 6,53; kecepatan larut 0,066 g/detik dengan viskositas sebesar 30,928 cps, total padatan sebesar 1,469 g/g dan total gula 61,707 %. Sedangkan intensitas warna larutan tablet effervescent bunga kana yang dihasilkan memiliki tingkat kecerahan (L) 42,7; tingkat kemerahan (a+) sebesar 0,37,tingkat kekuningan (b+) 8,27 dan organoleptik rasa 2,13, Aroma 2,67, kenampakan2,53.

Keywords


Tablet effervescent; jenis pelarut; jenis gula dan warna bunga; umm