FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS MEREK MENTARI( Studi Kasus di Kecamatan Junrejo Kota Batu )

MAEMUN ZEIN

Abstract


Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya sehari- hari, manusia tidak lepas dari kebutuhan akan pangan. Dalam sejarahnya dari tahun etahun kebutuhan pangan terus meningkat. Kalau dulu masyarakat Indonesia hanya mengkonsumsi jagung, ketela pohon dan sagu, sekarang konsumsi pangan yang pokok adalah padi atau beras.
Produksi padi di Indonesia dewasa ini cukup menggembirakan, walau pada beberapa waktu yang lalu terjadi lonjakan harga beras dipasaran, namun segera diantisipasi hingga harga kembali normal.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Menurut Masri dan Sofyan (1995:3), penelitian survei adalah penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dalam artian sampel diambil atas tujuan tertentu yaitu berdasarkan atas ciri-ciri, sifat-sifat atau karakteristik tertentu yang merupakan ciri-ciri pokok populasi. Menurut (1997:45), adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat perumahan villa sengkaling yang menggunakan produk beras merek mentari.
Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari penduduk perumahan Villa Sengkaling. Data sekunder berbagai macam literature dan instansi terkait.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Dari suatu penelitian sering kali dihadapkan pada sejumlah variabel bahkan bisa mencapai ratusan variabel.
Secara teori, analisis faktor dapat didefinisikan sebagai seperangkat variabel yang telah dikorelasikan dengan analisis dari penyusun untuk mengurangi menjadi sejumlah variabel yang lebih sedikit berdasarkan pola dan dimensi yang ada dari variabel semula.

Keyword : LOYALITAS KONSUMEN; BERAS MEREK MENTARI

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/64/jiptummpp-gdl-s1-2005-maemunzein-3157-Pendahul-n.pdf


Keywords


LOYALITAS KONSUMEN; BERAS MEREK MENTARI