ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KRIPIK PISANG ?AROMA SEJATI? PADA PERUSAHAAN DAERAH ANDALAS MEKAR SENTOSA DI BANDARLAMPUNG

SONY KURNIAWANSYAH

Abstract


Pengembangan hasil pertanian mempunyai peranan penting dalam meningkatkan perekonomian nasional terutama perekonomian rakyat. Usaha untuk pengolahan hasil pertanian menjadi penunjang keberhasilan bagi industri pertanian khususnya. Terutama pengolahan pisang menjadi kripik pisang, hal ini dapat dimengerti mengingat konsumen untuk membeli kripik pisang cukup banyak dalam masyarakat di dalam negeri. Dengan meningkatkan pengolahan yang ada terhadap kripik pisang melalui industri-industri yanga ada maka secara tidak langsung akan merangsang tingkat persaingan yang akan ditimbulkan. Persaingan ini bisa diatasi bila perusahaan meningkatkan kemampuan dalam mengelola aktivitas-aktivitas secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan.
Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah apa yang menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats) yang dihadapi oleh ?PD. ANDALAS MEKAR SENTOSA? dalam memasarkan produknya serta strategi pemasaran apakah yang tepat dilakukan oleh ?PD.ANDALAS MEKAR SENTOSA? dalam menghadapi persaingannya. Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dari apa yang menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats) yang dihadapi oleh ?PD. ANDALAS MEKAR SENTOSA? dalam memasarkan produknya serta untuk mengetahui strategi pemasaran apakah yang tepat dilakukan oleh ?PD. ANDALAS MEKAR SENTOSA? dalam menghadapi para pesaingnya.
Metode penentuan daerah dilakukan secara sengaja berdasarkan pertimbangan bahwa di kota Bandarlampung terdapat perusahaan kripik pisang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh mencakup data primer atau data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, meliputi dengan manajer, personalia dan staf-staf perusahaan, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber langsung tetapi sudah dikumpulkan melalui informasi dari masyarakat meliputi data dari Biro Pusat Statistik (BPS), Deperindag serta data dari dokumen atau arsip yang ada relevansinya dengan fokus penelitian maupun data-data dari perusahaan itu sendiri berupa data yang berhubungan dengan strategi yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan, terdiri dari data produksi hingga data pemasaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis riset deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan kripik pisang ?Aroma Sejati? pada PD. Andalas mekar Sentosa Bandar Lampung. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan Internal dan eksternal perusahaan yang dikenal dengan analisis SWOT dengan pendekatan ETOP serta pendekatan SAP yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada pada perusahaan PD. Andalas Mekar Sentosa.
Hasil dari analisis SWOT diketahui faktor kekuatannya adalah produk yang berkualitas, harga bersaing, reputasi yang baik di bidang pelayanan, saluran distribusi yang baik, serta lokasi perusahaan yang cukup strategis. Kelemahannya meliputi jangkauan pemasaran yang kurang menyeluruh serta alat atau sarana transportasi yang minim. Faktor peluangnya meliputi pertumbuhan penduduk, tingkat pangsa pasar dengan perluasan daerah jangkauan pemasaran, perkembangan teknologi yang makin pesat serta faktor kebijakan pemerintah. Sedangkan ancaman yang dihadapi adalah persaingan yang semakin ketat, perubahan selera konsumen, serta hadirnya pesaing-pesaing baru.
Setelah mempelajari lingkungan eksternal dan lingkungan internal maka didapat strategi matrik SWOT sebagai berikut : strategi S-O yaitu strategi memanfaatkan kekuatan untuk memperoleh peluang. Meliputi pemeliharaan kualitas serta mutu pelayanan produk, membangun pasar yang kuat melalui jalur distribusi, serta pemanfaatan teknologi dalam pelayanan dan peningkatan mutu produk. Strategi W-O merupakan strategi yang dipakai untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki dengan memanfaatkan peluang yang timbul. Hal itu meliputi perluasan daerah pemasaran serta penambahan sarana transportasi demi cepatnya proses pendistribusian ke konsumen. Strategi S-T yaitu penggunaan kekuatan yang dimiliki untuk menghindari ancaman. Strategi yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan terhadap konsumen serta berusaha memenuhi produk yang menjadi keinginan konsumen, sehingga konsumen dapat merasakan kepuasan terhadap produk yang mereka konsumsi. Strategi W-T merupakan strategi dimana perusahaan meminimumkan kelemahan yang dimiliki dan berusaha menghindari ancaman yang akan timbul. Dalam hal ini pihak perusahaan berusaha meningkatkan kembali kualitas produk serta menciptakan inovasi baru dalam mengikuti selera konsumen kemudian penambahan sarana transportasi dengan cara efisiensi biaya di dalam perusahaan.

Keyword : STRATEGI PEMASARAN; KRIPIK PISANG

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/64/jiptummpp-gdl-s1-2005-sonykurnia-3158-Pendahul-n.pdf


Keywords


STRATEGI PEMASARAN; KRIPIK PISANG