STUDI KELAYAKAN USAHA PEMBIBITAN MANGGADI PT. FAJAR MEKAR INDAH (Frigga)Desa Jarangan Kecamatan Rejoso Pasuruan

YUYUN WIJI RAHAYU

Abstract


Pengembangan kebun buah-buahan berskala komersial perlu didukung dengan penyediaan bibit bermutu dan berteknologi maju. Perkembangan kebun buah-buahan di Indonesia masih terhambat oleh ketersediaan bibit unggul. Varietas unggul dapat diperoleh dari hasil lomba buah-buahan dan seleksi plasma nutfah. Pengadaan bibit tanaman buah dapat dilakukan dengan berbagai macam organ tanaman melalui cara perbanyakan generatif dan vegetatif. Pemilihan lokasi di Kabupaten Pasuruan karena tempat tersebut merupakan salah satu daerah sentra produksi mangga di Jawa Timur.
Permasalahan yang dapat ditemui di daerah penelitian adalah tentang proses pembibitan mangga serta kelayakan usaha pembibitan mangga di PT. Fajar Mekar Indah. Sesuai dengan permasalahan tersebut, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembibitan mangga dan mengetahui kelayakan usaha pembibitan mangga.
Metode pengumpulan data yang dipakai menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh melalui wawancara dan diskusi langsung dengan staf PT. Fajar Mekar Indah di lokasi penelitian. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari literature dan penelitian terdahulu. Sedangkan metode analisa data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisa kelayakan usaha dengan menghitung NPV, Gross B/C Ratio, Net B/C Ratio, IRR, Profitability Ratio, dan Payback Period.
Keadaan umum di daerah penelitian yang meliputi letak geografis, keadaan tanah, keadaan iklim, luas perkebunan dan kondisi pertanaman, keadaan bangunan, serta sejarah kebun bibit dan buah-buahan di PT. Fajar Mekar Indah Pasuruan sudah cukup baik.
Hasil penelitian yang dapat diperoleh adalah :
1.NPV
Di dalam analisis ini menggunakan discount factor (DF) sebesar 5 % per tahun. NPV yang diperoleh sebesar Rp 5.238.925,33 yang berarti usaha layak untuk diusahakan.
2.Gross B/C Ratio
Menurut hasil perhitungan dapat diketahui bahwa Gross B/C Ratio sebesar 1,120 > 1 dan usaha layak untuk diusahakan.
3.Net B/C Ratio
Menurut hasil perhitungan dapat diketahui bahwa Net B/C Ratio sebesar 1,126 dan usaha dapat dikatakan layak.
4.Profitability Ratio
Menurut hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai Profitability Ratio sebesar 1,493 dan usaha dapat dijalankan.
5.Payback Period
Menurut hasil perhitungan dapat diketahui bahwa hasil Payback Periodnya adalah 2,901 atau 2 tahun 10 bulan.
6.IRR
Menurut hasil perhitungan dapat diketahui nilai IRR sebesar 6,528 % sehingga proyek ini dapat diusahakan.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian di PT. Fajar Mekar Indah adalah :
1.Proses pembibitan mangga di PT. Fajar Mekar Indah dialkukan dengan system grafting.
2.Analisa kelayakan usaha di PT. Fajar Mekar Indah dengan menggunakan perhitungan NPV, Gross B/C Ratio, Net B/C Ratio, Profitability Ratio, Payback Period, Dan IRR memperoleh hasil baik dan proyek ini layak untuk dijalankan.
Sedangkan saran yang dapat diberikan sesui dengan hasil penelitian di PT. Fajar Mekar Indah adalah :
1.Meningkatkan hasil produksi bibit dan kualitasnya dipertahankan serta lebih ditingkatkan sehingga resiko kematian bibit dapat berkurang.
2.Perhitungan analisa kelayakan usaha yang ada sebaiknya tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan supaya perusahaan tetap memperoleh keuntungan usaha.

Keyword : USAHA PEMBIBITAN MANGGA

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/64/jiptummpp-gdl-s1-2005-yuyunwijir-3183-Pendahul-n.pdf


Keywords


USAHA PEMBIBITAN MANGGA