Produktivitas dan pendapatan buruh wanita di pabrik rokok sampoerna (studi kasus pada mitra kerja pt. Sampoerna dengan pt. Barokah angling darma di desa kalitidu kecamatan kalitidu kabupaten bojonegoro)

Heniningsih Heniningsih

Abstract


Tenaga kerja wanita merupakan salah satu sumber daya manusia yang potensial apabila diberi kesempatan yang sama dengan tenaga kerja pria. Dengan semakin terbukanya kesempatan tenaga kerja wanita untuk mengembangkan produktivitasnya bekerja di pabrik rokok maka akan membantu wanita dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan keluarga. Bekerjanya wanita di pabrik rokok juga membawa dampak lain yaitu, wanita harus dapat menyeimbangkan waktu untuk bekerja dan keluarga
Berdirinya pabrik rokok di daerah pedesaan diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan rumah tangga. Dalam perekonomian keluarga yang berpendapatan rendah atau kekurangan memaksa wanita untuk melaksanakan kegiatan produktif di luar rumah guna menambah pendapatan keluarga yang diharapkan mampu untuk menutupi kekurangan yang ada. Kegiatan produktif di luar rumah tangga salah satunya adalah dengan bekerja sebagai karyawan di pabrik rokok. Pabrik rokok mempunyai peluang yang besar menampung tenaga kerja terutama tenaga kerja wanita. Selain itu, keberadaan pabrik rokok dalam perekonomian sangat penting. Salah-satu peran nyata yang dapat terlihat yaitu bisa mengembangkan industri padat karya yang dapat menampung tenaga kerja wanita yang membantu upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui produktivitas tenaga kerja wanita yang bekerja di pabrik rokok. 2) Untuk mengetahui besarnya kontribusi pendapatan wanita yang bekerja di pabrik rokok terhadap pendapatan keluarga.
Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) di Desa Kalitidu Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro dengan pertimbangan bahwa di desa tersebut tempat pabrik rokok itu berdiri, di desa tersebut banyak tenaga kerja wanita yang bekerja di pabrik rokok.
Metode penentuan sampel menggunakan aksidental sampling, yaitu penentuan sampel secara kebetulan dengan siapa saja yang ditemui pertama kali dan bila dipandang orang yang ditemui cocok sebagai sumber data. Metode pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan pemberian kuisioner. Metode analisa yang digunakan untuk mengetahui produktivitas tenaga kerja wanita yang bekerja di pabrik rokok dengan menggunakan analisa perbandingan produksi yang dihasilkan wanita (rupiah per minggu) dengan alokasi waktu wanita karyawan pabrik rokok (jam per minggu). Untuk mengetahui kontribusi pendapatan wanita yang bekerja di pabrik rokok terhadap pendapatan keluarga digunakan analisa perbandingan antara besarnya pendapatan wanita (rupiah/bulan) dengan pendapatan rumah tangga (rupiah/bulan). Untuk mengetahui peranan pabrik rokok terhadap peningkatan pendapatan dalam mendukung upaya pengentasan kimiskinan digunakan analisa diskripsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas tenaga kerja wanita di pabrik rokok sebesar Rp. 1.677 per jam, produktivitas ini dapat ditingkatkan melalui pelatihan ketrampilan. Selain itu produktivitas juga dapat ditingkatkan dengan menaikkan upah yang diterima oleh tenaga kerja wanita. Kontribusi pendapatan wanita terhadap pendapatan keluarga sebesar 40,63%. Pabrik rokok mempunyai peran terhadap peningkatan pendapatan rumah tangga dalam mendukung upaya pengentasan kemiskinan. Adanya pabrik rokok ibu-ibu rumah tangga dapat memperoleh tambahan pendapatan rata-rata sebesar Rp 85.540 per minggu. Setelah adanya pabrik rokok rata-rata pendapatan keluarga naik sebesar Rp. 841.587 per bulan.

Keyword : Produktivitas; Pendapatan; Buruh Wanita

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/65/jiptummpp-gdl-s1-2005-heniningsi-3221-Pendahul-n.pdf


Keywords


Produktivitas; Pendapatan; Buruh Wanita