Analisis Nilai Tambah Dan Efisiensi Agroindustri Emping Garut (Studi Kasus Di Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun)

Nina Eliani

Abstract


Sekarang ini dalam kondisi perekonomian dimana sektor industri harus dikembangkan secara berimbang dengan pengembangan sektor lain dan juga sektor industri yang didukung oleh sektor pertanian, maka pertumbuhan sektor industri yang menggunakan bahan baku pertanian menjadi berkembang dengan pesat.
Salah satu isu penting yang perlu diangkat sehubungan dengan hal tersebut di atas adalah pengembangan agroindustri garut. Tanaman garut mempunyai prospek yang cukup baik dimasa depan dan industri kecil emping garut yang terdapat di Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun ini merupakan salah satu contoh industri yang ikut menopang peningkatan pendapatan masyarakat pedesaan.
Emping garut adalah suatu produk olahan dari garut yang mempunyai kandungan gizi cukup tinggi, dengan teknik pengolahan meliputi : pengupasan, pencucian, pengukusan, penumbukan dan pengeringan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai tambah dan keuntungan yang diterima produsen, tingkat efisiensi pengolahan emping garut dan mengetahui skala usaha pengolahan emping garut mencapai tingkat BEP.
Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja atau purposive berdasarkan pertimbangan bahwa di daerah ini terdapat banyak produsen emping garut.
Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, yaitu suatu teknik pengambilan responden dimana keseluruhan dari populasi diambil sebagai sumber penelitian yang berjumlah kurang lebih 20 produsen.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari responden melalui wawancara dengan bantuan quisioner yang telah disiapkan. Data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait dengan penelitian ini.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan :
1.Analisa Nilai Tambah
2.Analisa Pendapatan dan Keuntungan
a)Analisis Pendapatan
TR = P.Q
Keterangan :
TR = Total penerimaan
P = Harga persatuan
Q = Total produksi

b)Analisa Keuntungan
π = TR ? TC
Keterangan :
π = Total keuntungan
TR = Total penerimaan
TC = Total biaya
3.Analisa Biaya
TC = TVC + TFC
Keterangan :
TC = Total biaya
TVC = Biaya tidak tetap
TFC = Biaya tetap
4.Analisa Efisiensi
a)R/C Ratio
R/C =
Keterangan :
R / C = Keuntungan produksi emping garut
TR = Total penerimaan
TC = Total biaya
b)Analisis BEP
BEP =

Keyword : Agroindustri; Emping Garut

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/65/jiptummpp-gdl-s1-2005-ninaeliani-3225-Pendahul-n.pdf


Keywords


Agroindustri; Emping Garut