PEMACUAN PERTUMBUHAN DAN PEMBUNGAAN ANTHURIUM (Anthurium andreanum) DENGAN PEMBERIAN ZPT PADA ANTHURIUM BIBIT DAN ANTHURIUM DEWASA

MUKMINATUS SHOLIKHAH

Abstract


Anthurium merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang memiliki keindahan tersendiri dengan sosok bunga unik dan penampilannya sangat khas dan menarik. Bunga dilengkapi seludang berbentuk jantung dan berujung runcing berwarna merah, putih, salmon pink, sebagian besar hijau dan oranye (Soerojo, 1990). Tanaman Anthurium yang dibudidayakan baru akan berbunga setelah 1,5-2 tahun dari persemaian. Dari pertimbangan tersebut perlu dicari teknologi pemacuan pertumbuhan dan pembungaan anthurium, diantaranya dengan penggunaan zat pengatur tumbuh yang berbeda diantaranya yaitu GA3 dan Ethefon dengan pengaturan konsentrasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah, Pada anthurium bibit:1) Untuk mengetahui pengaruh (membandingkan) pemberian ZPT yang berbeda (GA3 dan Ethefon) dengan pengaturan konsentrasi terhadap pemacuan pertumbuhan serta untuk mengetahui pengaruh perlakuan sebelum dan sesudah aplikasi ZPT. Pada anthurium dewasa:2) Untuk mengetahui pengaruh (membandingkan) pemberian ZPT yang berbeda (GA3 dan Ethefon) dengan pengaturan konsentrasi terhadap pemacuan pertumbuhan dan pembungaan serta untuk mengetahui pengaruh perlakuan sebelum dan sesudah aplikasi ZPT dan faktor pembungaan
Penelitian dilaksanakan di kebun percobaan Punten-Loka Penelitian Tanaman Jeruk dan Hortikultura Subtropik, Tlekung. Menggunakan Shade house yang mempunyai intensitas cahaya 60 %-70 % dan ketinggian tempat 1000 m dpl. Mulai bulan Mei 2002 sampai Desember 2002. Alat yang digunakan terdiri dari pipet, gelas ukur, beaker glass, hand sprayer, plastik, gembor, penggaris, cangkul, cetok, bambu (label) dan alat-alat lain yang diperlukan. Sedangkan bahan yang digunakan terdiri dari tanaman anthurium bibit dan anthurium dewasa, pasir, sekam, pupuk kandang, pupuk NPK, pupuk daun, GA3 murni, Pro-Gibb, Sunerellin, Ethrel dan bahan lain yang diperlukan.
Penelitian terdiri dari 2 percobaan terpisah,yaitu: 1) Percobaan pemberian ZPT pada anthurium bibit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode rancangan acak kelompok (RAK) sederhana dengan 9 perlakuan ZPT dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Bahan tanaman yang digunakan adalah anthurium bibit yang berumur ?5 bulan. 2) Percobaan pemberian ZPT pada anthurium dewasa (sudah berbunga). Metode penelitian yang digunakan adalah metode rancangan acak kelompok (RAK) sederhana dengan 9 perlakuan ZPT dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Bahan tanaman yang digunakan adalah anthurium dewasa yang berumur ? 2 tahun. Perlakuan pada kedua percobaan tersebut adalah: P1: GA3 murni ? 100 % konsentrasi 250 ppm P2: GA3 murni ? 100 % konsentrasi 500 ppm. P3: GA3 teknis ? 4 % (Pro-gibb) Konsentrasi 1000 ppm. P4: GA3 teknis ? 4 %(Pro-gibb) konsentrasi 2000 ppm. P5: GA3 teknis ? 10 % (Sunerellin) konsentrasi 250 ppmt. P6: GA3 teknis ? 10 % (Sunerellin) konsentrasi 500 ppm. P7: Ethefon teknis (Ethrel) konsentrasi 250 ppm. P8: Ethefon teknis (Ethrel) konsentrasi 500 ppm. P9: Kontrol tanpa pemberian ZPT.
Pelaksanaan percobaan meliputi: Penyiapan bedengan, persiapan media, persiapan bahan tanam, penanaman, pemeliharaan dan pemberian zat pengatur tumbuh. Pengamatan dilakukan secara non-destruktif. Untuk anthurium bibit pengamatan meliputi: Jumlah daun dan tinggi tanaman sedangkan untuk anthurium dewasa pengamatan meliputi: jumlah daun, tinggi tanaman, saat muncul dan mekar bunga, panjang tangkai bunga, lebar bunga dan jumlah bunga.
Untuk anthurium bibit Pemberian GA3 meliputi GA3 murni 100 %, GA3 teknis 4 % (Pro-Gibb), GA3 teknis 10 % (Sunerellin) dan ethefon dapat meningkatkan jumlah daun (0 ? 10 msp) . Pemberian ethefon 250-500 ppm dapat meningkatan tinggi tanaman anturium bibit. Pemberian GA3 dan ethefon dapat meningkatkan pertumbuhan jumlah daun dan tinggi tanaman tanpa dipengaruhi oleh keadaan pertumbuhan awal bibit. Sedangkan untuk anthurium dewasa Pemberian ethefon konsentrasi 250-500 ppm dapat meningkatkan jumlah daun. Pemberian GA3, baik GA3 murni maupun GA3 teknis (4 % dan 10 %) dapat meningkatkan pertambahan panjang tangkai bunga. Perlakuan ZPT baik GA3 maupun ethefon belum memberi pengaruh nyata pada tinggi tanaman, saat muncul dan mekar bunga, lebar bunga dan jumlah bunga. Secara garis besar kerja ZPT belum mampu memberikan pengaruh dalam memacu pertumbuhan dan pembungaan anthurium. Pemberian GA3 dan ethefon pada anthurium tidak dipengaruhi oleh keadaan pertumbuhan awal (sebelum aplikasi ZPT).

Keyword : ANTHURIUM; ZPT

link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/62/jiptummpp-gdl-s1-2005-mukminatus-3085-Pendahul-n.pdf


Keywords


ANTHURIUM; ZPT