PENGARUH INOKULAN RHIZOBAKTERI DAN MACAM DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA HASIL TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

GIGIH SUPRIHATNO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai inokulan campuran Rhizobakteri IMRG dan penggunaan macam dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan tanaman kacang tanah.

Hipotesis dari percobaan ini adalah diiduga terjadi interaksi antara Rhizobakteri dengan dosis pupuk kandang sapi, terdapat perbedaan pertumbuhan dan hasil antara tanaman kacang tanah yang diinokulasi dengan rhizobakteri IMRG campuran dan terdapat perbedaan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah dengan pemberian dosis pupuk kandang sapi yang berbeda.

Percobaan ini dilakukan di rumah kaca (green house) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang yang terletak pada ketinggian kurang lebih 550 meter di atas permukaan laut, penelitian dilaksanakan mulai bulan November 2001 sampai Maret 2002. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok secara faktorial, yang terdiri dari dua faktor, faktor pertama adalah kombinasi inokulan rhizobakteri yang terdiri dari 6 level yaitu :
Kombinasi I (R0) : Tanpa Rhizobakteri
Kombinasi II (R1) : IMRG-4, IMRG-5, IMRG-16 dan IMRG-30
Kombinasi III (R2) : IMRG-5, IMRG-17, IMRG-32 dan IMRG-46
Kombinasi IV (R3) : IMRG-4, IMRG-5, IMRG-32 dan IMRG-46
Kombinasi V (R4) : IMRG-4, IMRG-5, IMRG-30 dan IMRG-45
Kombinasi VI (R5) : IMRG-16 dan IMRG-17, IMRG-32 dan IMRG-45
Faktor kedua adalah dosis pupuk kandang sapi yang terdiri dari 3 level yaitu :
A1 = Pemupukan dengan dosis 10 ton/ha
A2 = Pemupukan dengan dosis 20 ton/ha
A3 = Pemupukan dengan dosis 30 ton/ha
Pengamatan mulai dilakukan setelah tanaman berumur 14 hari setelah tanam, dengan selang waktu pengamatan 7 hari. Adapun parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat segar dan kering brangkasan, jumlah polong isi dan polong hampa, berat segar dan kering polong isi, berat segar dan kering polong hampa serta berat segar dan kering akar.

Hasil analisa menunjukkan tidak terjadi interaksi antara perlakuan Rhizobakteri dengan dosis pupuk kandang sapi, perlakuan Rhizobakteri tidak menunjukkan adanya pengaruh, kecuali pada tinggi tanaman umur 49 hari setelah tanam, jumlah polong isi dan berat segar polong isi. Perlakuan dosis pupuk kandang tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang tanah.

Keyword : INOKULAN RHIZOBAKTERI; PUPUK KANDANG SAPI; KACANG TANAH

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/62/jiptummpp-gdl-s1-2005-gigihsupri-3099-Pendahul-n.pdf


Keywords


INOKULAN RHIZOBAKTERI; PUPUK KANDANG SAPI; KACANG TANAH