PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI GA3TERHADAP PEMBENTUKAN BUAH PARTHENOCARPY TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

VONNE KRIDA ESA DARI

Abstract


Salah satu upaya perbaikan buah tomat adalah dengan pembentukan buah parthenocarpy. Istilah parthenocarpy adalah buah yang mengandung sedikit biji atau bahkan tanpa biji (Darjanto, 1990; Anonymous, 2000; Collins, 2000). Faktor-faktor penyebab terjadinya parthenocarpy ada dua, yaitu buatan dan alami (Darjanto, 1990). Parthenocarpy buatan dengan cara pemberian hormon GA3 (Olimpieri, et al, 2001).
Penelitian ini dilaksanakan dengan hipotesa, pertama, diduga ada interaksi antara konsentrasi dengan frekuensi pemberian GA3 terhadap parthenocarpy pada tomat; dan kedua, diduga perlakuan yang dapat menghasilkan buah tomat parthenocarpy adalah konsentrasi GA3 300 ppm dengan frekuensi pemberiannya sebanyak 3 kali.
Untuk menguji hipotesis, maka pelaksanaan penelitian dilakukan di Green House UMM pada bulan Agustus-Nopember 2002. Rancangan yang digunakan adalah RAK Faktorial Kontas Orthogonal yang terdiri dari kontrol dan 2 faktor yang diulang sebanyak 3 kali dan jumlah sampel per perlakuan sebanyak 3 tanaman. Faktor I yaitu Konsentrasi GA3 yang terdiri dari 5 level yaitu G1 ( 200 ppm ); G2 ( 225 ppm ); G3 ( 250 ppm ); G4 ( 275 ppm ); G5 ( 300 ppm ) dan Faktor II yaitu Frekuensi pemberian GA3 yang terdiri dari 3 level yaitu F1 ( satu kali ); F2 ( dua kali ); F3 ( tiga kali ). Peubah yang diamati adalah jumlah bunga per tanaman , Jumlah buah per tanaman , fruit set (%), berat tiap buah (g), diameter buah (cm), tebal daging buah(cm), jumlah biji per buah dan berat buat per tanaman (g). Dari data yang didapat maka di analisa dengan ANOVA yang selanjutnya di uji menggunakan uji Duncan?s.
Hasil percobaan menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah biji dengan perlakuan pemberian GA3 dengan frekuensi pemberiannya tiga kali sebesar 57,01% dari kontrol tetapi belum bisa menghasilkan buah tomat parthenocarpy. Perlakuan pemberian GA3 dan frekuensi pemberiannya dapat meningkatkan jumlah bunga dan fruit set, akan tetapi tidak dapat meningkatkan diameter buah, berat buah, tebal daging buah dan jumlah buah.

Keyword : GA3; PARTHENOCARPY TOMAT

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/63/jiptummpp-gdl-s1-2005-vonnekrida-3103-Pendahul-n.pdf


Keywords


GA3; PARTHENOCARPY TOMAT