STUDI TENTANG EKSPOR BUAH-BUAHAN INDONESIA

ANISAH ANISAH

Abstract


Indonesia sebagai negara agraris yang kaya akan hasil pertanian mempunyai peluang yang sangat besar dalam ekspor produk pertanian. Tetapi kenyataannya ekspor produk pertanian masih menempati urutan kedua setelah ekspor produk industri. Diantara produk pertanian yang memiliki peluang ekspor yaitu buah-buahan tropik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi negara-negara tujuan ekspor buah-buahan tropik Indonesia, mengetahui trend ekspor buah-buahan tropik Indonesia pada negara tujuan ekspor dan perkembangannya dimasa yang akan datang, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi volume ekspor buah-buahan tropik Indonesia pada negara tujuan ekspor.
Dalam penelitian ini dibatasi pada tiga jenis buah yaitu buah pisang, mangga, dan rambutan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan data sekunder dari tahun 1990 sampai tahun 2000 yang diperoleh dari Biro Pusat Statistik (BPS) dan literature-literatur yang menunjang penelitian ini. Sedangkan metode analisa datanya dengan menggunakan analisa deskriptif, analisa trend dengan menggunakan regresi sederhana yang selanjutnya digunakan untuk estimasi ekspor pada masa yang akan datang, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi volume ekspor dengan menggunakan analisa Cobb-Douglass.
Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa negara tujuan ekspor buah pisang segar yaitu negara Cina, Jepang, dan Hongkong. Untuk negara tujuan ekspor buah mangga segar yaitu Taiwan, Singapura, dan Hongkong. Sedangkan buah rambutan segar banyak diekspor ke negara Emirat Arab, Belanda, dan Saudi Arabia.
Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa trend ekspor pisang ke Cina mengalami kenaikan baik volume maupun nilainya, kenaikannya masing-masing sebesar 6.000.000 kg/th dan US$ 994.724/th. Untuk trend ekspor pisang tujuan Jepang mengalami penurunan baik volume maupun nilai ekspornya yaitu sebesar 436.876 kg/th dan US$ 58.025/th. Sedangkan trend ekspor pisang ke Hongkong mengalami kenaikan baik pada volume maupun nilainya yaitu sebesar 405.524 kg/th dan US$ 76.891/th.
Trend ekspor mangga tujuan Taiwan menunjukkkan peningkatan pada volume ekspornya yaitu sebesar 54.601 kg/th, sedangkan nilai ekspornya mengalami penurunan yaitu sebesar US$ 3.721,7/th. Untuk trend ekspor mangga tujuan Singapura mengalami penurunan baik pada volume maupun nilai ekspornya yaitu masing-masing sebesar 31.037 kg/th dan US$ 31.413/th. Sedangkan trend ekspor mangga ke Hongkong mengalami kenaikan pada volume ekspornya yaitu sebesar 28.914 kg/th, tetapi trend nilai ekspornya mnengalami penurunan sebesar US$ 7.465/th.Trend ekspor rambutan segar Indonesia tujuan Emirat Arab mengalami penurunan baik pada volume maupun nilai ekspornya, yaitu masing-masing sebesar 2.425,4 kg/th dan US$ 3.395,1/kg. Untuk trend ekspor rambutan ke Belanda mengalami penurunan pada volume ekspornya sebesar 1.785 kg/th, sedangkan trend nilainya mengalami peningkatan yaitu sebesar US$ 648,53/th. Sedangkan trend ekspor rambutan ke Saudi Arabia mengalami kenaikan baik pada volume maupun nilai ekspornya, yaitu masing-masing sebesar 3.270,6 kg/th dan US$ 2.766,4/th.
Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa secara parsial faktor yang mempengaruhi volume ekspor pisang ke Cina, Jepang, dan Hongkong hanya harga ekspor saja. Sedangkan produksi domestik secara parsial tidak berpengaruh terhadap volume ekspor pisang ke negara-negara tujuan ekspor tersebut.
Secara parsial harga ekspor dan produksi domestik tidak mempengaruhi volume ekspor mangga segar Indonesia ke Taiwan dan Singapura. Sedangkan untuk ekspor mangga ke Hongkong, secara parsial dipengaruhi oleh harga ekspor dan produksi domestik.
Harga ekspor dan produksi domestik secara parsial mempengaruhi volume ekspor rambutan segar ke Emirat Arab dan Belanda. Untuk volume ekspor rambutan ke Saudi Arabia secara parsial dipengaruhi oleh harga ekspor saja, sedangkan produksi domestik tidak berpengaruh.

Keyword : EKSPOR BUAH-BUAHAN

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/63/jiptummpp-gdl-s1-2005-anisah9872-3139-Pendahul-n.pdf


Keywords


EKSPOR BUAH-BUAHAN