PENGARUH MACAM ZAT PENGHAMBAT TUMBUH DAN WAKTU APLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.)

SITI MASRUROH

Abstract


Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan hasil kentang baik secara kualitas maupun kuantitas. Penggunaan pupuk organic berpengaruh terhadap bobot umbi per petak dan bobot umbi/Ha (Subhan dan A.A, 1998). Selain itu juga menggunakan ZPT, salah satunya menggunakan Triacontanol konsentrasi 0,4 ml/l yang diaplikasikan pada 3,5,7 mst (Sembiring dan Simatupang, 1996). Pada penelitian ini mencoba menggunakan Zat Penghambat Tumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat penghambat tumbuh dan waktu aplikasinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang.
Berdasarkan hasil penelitian Sumiati (2000), aplikasi mepiquat klorida 8 ml/l sebanyak dua kali masing-masing setengah konsentrasi pada 35 dan 42 hst nyata meningkatkan hasil bobot umbi total. Pemberian Paclobutrazol pada tanaman hias dapat memperpendek batang, berbunga serempak dan berpenampilan baik. Selain itu juga dapat meningkatkan warna hijau daun tanpa menyebabkan pertumbuhan yang abnormal, dapat mempertebal batang dan menghambat etiolasi (Widyastuti, 2000).
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) yang disusun secara Rancangan Acak Kelompok. Petak Utama (Macam ZPT) terdiri dari 2 level, yaitu: M1 (PIX 50 AS) dan M2 (Cultar), sedangkan sebagai anak petak adalah waktu pemberian (W) yang terdiri dari 3 level, yaitu: W1 (40 hst), W2 (50 hst) dan W3 (60 hst). Peubah perttumbuhan meliputi: tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), diameter batang (cm) dan luas daun (cm2) dan peubah hasil meliputi : jumlah umbi setiap tanaman, bobot umbi setiap tanaman (g), bobot setiap umbi (g), hasil panen (T/ha) dan persentase kelas umbi (%).
Macam zat penghambat tumbuh dan waktu aplikasinya tidak berpengaruh nyata pada semua peubah. Hal tersebut disebabkan karena waktu aplikasinya sudah pada fase vegetatif akhir. Selainitu juga karena pada waktu penelitian berada pada waktu musim hujan sehingga ZPT belum sempat diserap oleh tanaman, ZPT telah tercuci oleh air hujan.

Keyword : Tumbuh; Kentang

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/63/jiptummpp-gdl-s1-2005-sitimasrur-3145-Pendahul-n.pdf


Keywords


Tumbuh; Kentang