ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENERIMAAN KAS DAN PENGELUARAN KAS PADA PERUM PEGADAIAN CABANG GONDANG WETAN PASURUAN (Suatu Studi Pada Perum Pegadaian Kantor Cabang Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan)

DANI APRIYANTO

Abstract


Semakin berkembangnya dunia bisnis sekarang ini disaat itulah lembaga keuangan non bank seperti pegadaian memerlukan system pengendalian yang memadai karena maju mundurnya pegadaian juga ditentukan oleh beberapa factor salah satunya keandalan dari laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan. Dan di dalam laporan keuangan tesebut ada aktiva yang bernama kas, kas merupakan harta yang paling likuid, harta tunggal yang segera dikonversikan menjadi jenis harta lain oleh sebab itu kas sering dijadikan sasaran kecurangan,
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah prosedur penerimaan kas pengeluaran kas yang diterapkan oleh Perum Pegadaian Cabang Gondang Wetan Pasuruan dan apakah system pengendalian intern atas penerimaan kas dan pengeluaran kas di Perum Pegadaian Cabang Gondang Wetan Pasuruan telah diterapkan secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan system pengendalian intern atas penerimaan kas dan pengeluaran kas pada perum pegadaian Cabang Gondang wetan pasuruan , mengkaji efektifitas sistem pengendalian intern pada Perum Pegadaian Cabang Gondang wetan. Dengan penelitian ini diharapkan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen atas kekurangan yang mungkin terjadi pada pengendalian intern atas penerimaan dan pengeluaran kas yang telah ada.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan fokus penelitian dalam upaya meningkatkan pengendalian intern atas penerimaan kas dan pengeluaran kas meliputi 1) struktur organisasi ( deskripsi jabatan ). 2) Sistem otorisasi dan prosedur pencatatan ( mengidentifikasi bagan alir sistem penerimaan kas dan penngeluaran kas. 3) Praktek yang sehat. 4) Penerapan seleksi pegawai yang ketat dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pegawai. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi yang didukung dengan wawancara, dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data berupa arsip-arsip ataupun fotocopy mengenai bagan organisasi dan deskripsi jabatan serta kegiatan operasional yang ada di Perum Pegadaian Cabang Gondang Wetan.
Berdasarkan penelitian, upaya yang dilakukan oleh Pegadaian untuk menerapkan pengendalian intern atas penerimaan kas dan pengeluaran kas yang baik adalah dengan mematuhi seluruh prosedur otorisasi serta pencatatan, menjalankan tugas dengan jabatan sesuai dengan struktur organisasi yang telah ada, Peningkatan kualitas dan kuantitas Pegawai Pegadaian Cabang gondang Wetan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sistem pengendalian atas penerimaan dan pengeluaran kas sudah cukup baik itu terbukti dengan terlaksananya semua unsur-unsur pengendalian intern yang meliputi stuktur organisasi , otorisasi dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, dan mutu karyawan yang kompeten. Oleh karena itu Perum Pegadaian Kantor Cabang Gondang Wetan Pasuruan disarankan perlu adanya pembagian tugas yang lebih jelas dan pengawasan dari pihak yang pengawas intern secara teratur dan berkelanjutan serta perlu adanya penambahan pegawai agar tidak terjadi perangkapan jabatan.Perlu adanya bagian khusus penyetoran kas ke bank agar tidak terjadi adanya penyalahgunaan uang kas di Perum Pegadaian Cabang Gondang Wetan Pasuruan.

 

Keyword : ANALISIS SISTEM


Keywords


ANALISIS SISTEM