EVALUASI TERHADAP COST REDUCTION PROGRAMME (CRP)KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN KUALITAS (MUTU) PRODUK PADA PT. PETROKIMIA GRESIK

Bambang Setiyono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah dengan adanya Cost Reduction Programme (CRP) yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan kualitas sekaligus produktivitas perusahaan dimana secara teknis di implementasikan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM).Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan alat analisa pendekatan angka indek model APC (The American Productivity Center Model), untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan produktivitas setelah diterapkan Cost Reduction Programme (CRP) pada PT. Petrokimia Gresik. Berdasarkan pendekatan ini akan diketahui profitabilitas perusahaan dapat meningkat melalui peningkatan produktivitas atau perbaikan harga produk di pasar. Sehingga dengan pengukuran produktivitas menggunakan model APC akan memberi informasi yang jelas dan kompetitif tentang sumber-sumber peningkatan profitabilitas perusahaan, apakah berasal dari peningkatan produktivitas, perbaikan harga produk dipasar, atau peningkatan produktivitas sekaligus dengan perbaikan harga produk dipasar.
Dari hasil penelitian dapat diketahui beberapa hal yaitu produktivitas kususnya produk urea dari PT. Petrokimia Gresik tahun 2002 menurun sebesar 18,912% dibandingkan tahun 2001. Demikian pula tingkat penggunaan urea meningkat sebagaimana ditunjukkan oleh besaran indeks perbaikan harga produk dipasar, yaitu sebesar IPH = 1,196%, yang mengakibatkan penurunan produktivitas produk urea sebesar 18,912% dan juga mengurangi profitabilitas sebesar 3,054% pada tahun 2002. Dimana interpretasi serupa dapat dibuat sama untuk input faktor yang lain.
Berdasarkan hasil analisis APC, apabila ingin meningkatkan produktivitas pada tahun mendatang, manajemen PT. Petrokimia Gresik seharusnya memfokuskan perhatian pada penggunaan seluruh input faktor produksi. Melalui kegiatan pengkajian yang komprehensif terhadap masalah-masalah produktivitas perusahaan, agar perbaikan secara terus menerus dapat berjalan dengan baik.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa PT. Petrokimia Gresik perlu adanya peningkatan pelaksanaan program reduksi biaya dengan sistem biaya yang menunjang Cost Reduction. Peningkatan keberhasilan untuk GKM, serta pihak perusahaan perlu membuat laporan biaya mutu dengan mengidentifikasi pada semua biaya.

 

Keyword : COST REDUCTION PROGRAMME

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/29/jiptummpp-gdl-s1-2004-bambangset-1423-pendahul-n.pdf


Keywords


COST REDUCTION PROGRAMME