ANALISIS PORTOFOLIO DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SAHAM DI PASAR MODAL ( Studi Pada Beberapa Saham di Bursa Efek Jakarta )

Nur Diana Marasabessy

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada saham-saham yang aktif tercatat di Bursa Efek Jakarta. Tujuan secara umum terhadap objek yang diteliti adalah untuk melakukan penilaian terhadap saham-saham yang layak untuk dijadikan tujuan investasi, dan menentukan komposisi masing-msing saham tersebut sehingga memperoleh keuntungan yang optimal, yaitu dengan cara diversifikasi saham, atau lazim disebut pembentukan portofolio.
Analisa data dilakukan dengan penyeleksian sepuluh saham untuk memilih sekelompok saham yang layak dijadikan sebagai pembentuk portofolio, yang dibagi dalam dua periode, yaitu periode Juni 1999-Juni 2000 dan periode Juni 2001-Juni 2002. Penelitian ini menggunakan metode analisis portofoio berdasarkan indeks tunggal.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada periode I terdapat enam saham yang layak dijadikan pembentuk portofolio, sedangkan untuk periode II terdapat empat saham yang layak sebagai pembentuk portofolio. Hasil yang dicapai tersebut sangat dipengaruhi berbagai aspek khususnya kondisi perekonomian makro yang selalu berpengaruh signifikan dalam fluktuasi gejolak pasar modal.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengimplikasikan bahwa dalam memilih saham-saham yang akan dijadikan pembentuk portofolio, investor sebaiknya memilih saham-saham yang tidak sejenis.

 

Keyword : PORTOFOLIO; SAHAM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-nurdianama-1466-Pendahul-n.pdf


Keywords


PORTOFOLIO; SAHAM