PERLAKUAN AKUNTANSI SOSIAL SERTA PENYAJIANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEPATU PT. WIDORO SURABAYA SELATAN

SUSI ELIYA AGUS W

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Sepatu PT. Widoro dengan judul ?Perlakuan Akuntansi Sosial Serta Penyajiannya Dalam Laporan Keuangan Pada PT Sepatu PT. Widoro di Surabaya Selatan?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami apakah biaya-biaya sosial secara keseluruhan sudah dilaporkan secara benar pada laporan keuangan perusahaan pada PT. Widoro di Surabaya Selatan.
Pelaporan akuntansi sosial pada laporan keuangan perusahaan bisa memberikan sumbangan atau kontribusi pada tujuan perusahaan, yaitu : meningkatkan citra perusahaan (publik image), sarana belajar bagi pihak manajemen, sebagai implementasi tanggungjawab perusahaan.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah biaya-biaya sosial secara keseluruhan sudah dilaporkan secara benar pada laporan keuangan dan komponen yang termasuk didalamnya, memisahkan biaya sosial menurut aktivitas sosialnya dengan mengelompokkan biaya-biaya sosial perusahaan dan mengelompokkan manfaat sosial perusahaan, menyajikan biaya sosial pada laporan keuangan sesuai dengan perlakuan akuntansi yang berlaku secara umum sesuai dengan standart akuntansi keuangan.
Dari hasil analisis penelitian, pelaksanaan tanggungjawab perusahaan sudah dilaksanakan oleh perusahaan diantaranya yang berkaitan dengan tenaga kerja, lingkungan, masyarakat dan konsumen, hanya saja perusahaan belum mengelompokkan biaya-biaya yang berhubungan dengan biaya sosial. Dalam perlakuan akuntansi terhadap sosial biaya perusahaan belum keseluruhan menurut akuntansi yang berlaku secara umum, sehingga mengakibatkan laba yang diperoleh perusahaan menjadi rendah.
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Widoro di Surabaya Selatan melakukan pengukuran dan penyajian akuntansi sosial dalam suatu laporan pertanggungjawaban sosial. Citra perusahaan di masyarakat akan baik dan masyarakat mengetahui bahwa perusahaan juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan tidak semata-mata mencari laba (profit). Dengan adanya laporan akuntansi sosial diharapkan perusahaan dapat menentukan biaya-biaya mana saja yang berkaitan dengan kegiatan sosial.

 

Keyword : AKUNTANSI SOSIAL; LAPORAN KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-susieliyaa-1470-Pendahul-n.pdf


Keywords


AKUNTANSI SOSIAL; LAPORAN KEUANGAN