PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLOK UKURKINERJA PERUSAHAAN PADA PT. PARARONA SEWAKA BENUA JAKARTA

RIO PRABOWO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Pararona Sewaka Benua Jakarta dengan judul ?Penerapan Balanced Scorecard sebgagai tolak ukur kinerja perusahaan pada PT. Pararona Sewaka Benua, Jakarta?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan kinerja PT. Pararona Sewaka Benua Jakarta apabila ditinjau dari empat perspektif Balanced Scorecard yaitu keuangan, pelanggan, bisnis internal dan belajar dan berkembang.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja manajemen dalam perspektif keuangan adalah, Return On Investment (ROI), Profit Margin, dan Sales Growth Rate. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja manajemen dalam perspektif pelanggan adalah, Costumer Retetion, Number Of New Costumer, On Time Delefery dan Number Of Complin. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja manajemen pada perspektif Internal bisnis adalah Cycle Time, Yield Rate dan Idle Capacity. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja manajemen pada perspektif belajar dan berkembang adalah Employe Produktivity, Employe Turnover dan Absenteeism.
Cross Check antara hasil analisis dengan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan dilakukan untuk mengetahui apakah hasil analisis kinerja perusahaan sudah mencapai target atau belum.
Penilaian kinerja perusahaan didasarkan atas kategori baik atau buruk dengan klasifikasi score 0-75 untuk klasifikasi buruk dan 76-100 untuk klasifikasi baik.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa secara umum kinerja manajemen PT. Pararona Sewaka Benua Jakarta adalah baik, karena hampir semua target yang ditetapkan perusahaan dapat dicapai.
Berdasarkan kesimpulan diatas, PT Pararona Sewaka Benua Jakarta dapat mengunakan model Balanced Scorecard dalam mengukur kinerja manajemen perusahaan, karena dapat menyediakan suatu instrumen yang dibutuhkan dalam mengarungi persaingan yang semakin ketat.

 

Keyword : Balanced Scoredcard; Tolak Ukur Kinerja

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-rioprabowo-1474-Pendahul-n.pdf


Keywords


Balanced Scoredcard; Tolak Ukur Kinerja