ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK GUNA MENINGKATKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA CV. SULTAN AGUNG CRAFT PONOROGO

Yusron Mashuda

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada CV. Sultan Agung Craft Ponorogo dengan judul ?Analisis Penentuan Harga Jual Produk Guna Meningkatkan Return On Investment (ROI) pada CV. Sultan Agung Craft Ponorogo?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari kebijakan perusahaan dalam menentukan harga jual produk yang berlaku, dan mengetahui bagaimana kebijakan penentuan harga jual produk dapat meningkatkan ROI..
Alat evaluasi yang digunakan untuk memisahkan biaya tetap, variabel dan semi variabel digunakan metode least square, untuk menetapkan harga jual digunakan metode harga pokok variabel (variabel costing). Sedangkan untuk mengetahui besarnya peningkatan ROI digunakan rumus : laba bersih usaha dibagi aktiva bersih operasi dikalikan 100%.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Perusahaan Furniture CV. Sultan Agung Craft Ponorogo dalam menghitung harga pokok penjualan belum memisahkan biaya semi variabel secara tepat, yaitu ke dalam biaya variabel dan biaya tetap sehingga harga pokok penjualan menjadi tinggi. Sebelum menggunakan metode harga pokok variabel, harga pokok penjualan produk perusahaan sebesar : almari Rp 1.000.000; meja Rp 850.000; kursi Rp 750.000. Setelah menggunakan metode harga pokok variabel, harga pokok penjualan produk sebesar : almari Rp 720.000; meja Rp 615.000; kursi Rp 536.000. Sedangkan perhitungan ROI tahun 2001 sebesar 13,04% dan ROI tahun 2002 sebesar 21,64%.
Dari hasil evaluasi dapat dinyatakan bahwa penentuan harga jual dengan menggunakan metode harga pokok variabel (variabel costing) diperoleh harga jual lebih rendah daripada harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan (full costing). Sedangkan peningkatan ROI tahun 2002 mengalami peningkatan sebesar 8,6% dari 13,04% menjadi 21.64%.
Untuk lebih menyempurnakan kebijakan penentuan harga jual produk pada CV. Sultan Agung Craft Ponorogo, penulis menyarankan sebaiknya perusahaan menggunakan metode harga pokok variabel, karena metode ini ternyata dapat meningkatkan Return On Investment (ROI) sebesar 8,6%.

 

Keyword : Analisis; Penentuan Harga; ROI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-yusronmash-1476-Pendahul-n.pdf


Keywords


Analisis; Penentuan Harga; ROI