PENGENDALIAN BIAYA MUTU UNTUK PENGHEMATAN BIAYA DAN PENINGKATAN LABA DENGAN PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PT. ARTHAWENASAKTI GEMILANG DI MALANG

Nikeng Indriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu manajer dalam menganalisis penerapan Total Quality Management dalam pengendalian biaya mutu, sehingga dapat diketahui sejauh mana peran TQM dalam pengendalian biaya mutu dan untuk mengetahui pengaruh penerapan TQM terhadap penjualan.Untuk menganalisis digunakan perbandingan biaya mutu sesungguhnya dengan penjualan yang terjadi. Setelah itu dibuat laporan biaya mutu tahunan untuk mengetahui kenaikan atau penurunan biaya mutu. Untuk menganalisis kinerja pengendalian biaya mutu digunakan laporan kinerja jangka panjang, yaitu laporan kinerja dengan menggunakan standar jangka panjang atau standar biaya mutu 2,5% dari penjualan. Laporan ini digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja mutu selama satu tahun dengan jalan membandingkan biaya mutu sesungguhnya dengan standar biaya mutu sebesar 2,5% dari penjualan.
Dari hasil analisis laporan kinerja jangka panjang pada PT. Arthawena Sakti Gemilang menunjukkan prosentase biaya mutu mengalami penurunan mendekati standar 2,5%,ini berarti dengan penerapan TQM biaya mutu dapat dikendalikan dan mengalami penghematan. Selain itu penjualan yang terjadi mengalami peningkatan, hal ini berarti pula bahwa laba yang diperoleh perusahaan juga mengalami peningkatan. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan TQM dapat mengendalikan biaya mutu sehingga terjadi penghematan biaya dan peningkatan laba.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa untuk kepentingan manajemen perusahaan sebaiknya menggunakan laporan kinerja jangka panjang dalam penilaian prestasi pengendalian biaya mutu pada PT. Arthawena Sakti Gemilang.

 

Keyword : BIAYA MUTU; peningkatan laba

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/29/jiptummpp-gdl-s1-2004-nikengindr-1419-pendahul-n.pdf


Keywords


BIAYA MUTU; peningkatan laba