PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PT. PANTJAMITRA ICHIGODJAYA MALANG

DWI NURHAYATI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perubahan struktur modal dan return on investment (ROI) tiap tahunnya. Dan juga untuk mengetahui tentang pengaruh struktur modal terhadap return on investment (ROI).
Alat analisis yang digunakan penulis untuk mengetahui tentang perubahan struktur modal dan perubahan return on investment (ROI), maupun alat yang digunakan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap return on investment (ROI) adalah analisis deskriptif.
Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif :
1. Tentang perubahan struktur modal dan perubahan return on investment (ROI) adalah sebagai berikut :
a. Struktur modal selalu mengalami perubahan sesuai dengan adanya perubahan pada total modal. Perubahan struktur modal tidak signifikan, karena perubahannya tidak lebih dari 4%. Dan dari tahun ke tahun modal yang dimiliki lebih didominasi oleh modal sendiri.
b. Return on investment (ROI) juga mengalami perubahan sesuai dengan adanya perubahan pada laba bersih setelah pajak dan total aktiva.
2. Tentang pengaruh struktur modal (total modal) terhadap return on investment (ROI) menyatakan bahwa return on investment (ROI) tidak hanya dipengaruhi oleh struktur modal saja. Dimana struktur modal mempengaruhi laba. Return on investment (ROI) juga dipengaruhi oleh total aktiva (investasi). Dan antara laba dan total aktiva (investasi) harus seimbang.
Dari kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa PT. Pantjamitra Ichigodjaya Malang harus bisa menjaga keseimbangan antara modal sendiri dan modal asing agar struktur modal perusahaan baik, oleh karena itu manajemen perusahaan harus mampu mengelola modal yang ada dengan maksimal. Karena keadaan struktur modal mempengaruhi return on investment (ROI) walaupun dalam faktor laba saja. Sedangkan return on investment (ROI) tidak hanya dipengaruhi oleh laba saja tetapi juga dipengaruhi oleh total aktiva (investasi). Oleh karena itu agar return on investment (ROI) tetap baik maka perusahaan harus bisa menjaga keseimbangan antara laba bersih setelah pajak dan total aktiva (investasi).

 

Keyword : MODAL

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/29/jiptummpp-gdl-s1-2004-dwinurhaya-1421-pendahul-n.pdf


Keywords


MODAL