ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN DALAM MENGELOLA KOPERASI(Studi Kasus Pada Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kabupaten Ngawi)

Yusanti Nariska

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) Kabupaten Ngawi dengan Judul ?Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan Dalam Mengelola Koperasi?
Pada dasarnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kondisi keuangan selama periode 1998 sampai 2002 sehingga dapat diperoleh gambaran tentang kinerja keuangan dalam mengelola koperasi.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kinerja keuangan dalam mengelola koperasi adalah analisis rasio keuangan secara Time Series yang telah disesuaikan dengan ?Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi Propinsi Jawa Timur? dari Dinas Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah Propinsi Jawa Timur.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa kinerja keuangan koperasi belum stabil. Hal ini dapat dilihat dari total skor yang diberikan oleh Dinas Koperasi yang menunjukkan penurunan drastis dari tahun 1998 ke 1999, kemudian setelah naik pada tahun 2000 sebesar 1550 turun lagi menjadi 1445 pada tahun 2001. Ketidakstabilan ini disebabkan karena tingkat likuiditas koperasi yang naik/turun, tingkat solvabilitas yang rendah, volume usaha yang mengalami penurunan, dan kurangnya kesadaran anggota dalam pengumpulan modal (simpanan wajib).
Dari hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja PKP-RI Kabupaten Ngawi dalam pengelolaannya dianggap masih kurang, terutama pada bidang keuangan.
Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PKP-RI terutama manajemennya yaitu Pengurus, Pengawas, maupun Anggota, harus lebih mengutamakan kepentingan bersama (koperasi) daripada kepentingan individu/lain (di luar koperasi). Sehingga tercipta pengelolaan koperasi yang baik yaitu pengelolaan yang dapat tercapainya ?Tiga Sehat?, yaitu sehat mental, sehat organisasi, dan sehat usaha.

 

Keyword : KINERJA KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-yusantinar-1488-Pendahul-n.pdf


Keywords


KINERJA KEUANGAN