PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA

ARINDRA WIRYA SUKMANA

Abstract


Penelitian ini merupakan studi pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, dengan judul ? Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja keuangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga saham bila ditinjau dari profitabilitas, leverage dan peniaian.
Penelitian ini memakai analisis regresi berganda, uji F dan uji t untuk menentukan pengaruh kinerja keuangan terhadap perubahan harga saham pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan variabel yang digunakan adalah terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya antara lain : X1 ( ROE ) : laba bersih / equitas pemegang saham, merupakan salah satu rasio profitabilitas yang mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba secara maksimal, X2 ( DER ) : total hutang / modal sendiri, mengukur tingkat sejauh mana aktiva perusahaan telah dibiayai oleh penggunaan hutang, X3 ( PER ) : harga saham / eps, mengukur kemampuan perusahaan untuk mencapai nilai pasar yang melebihi pengeluaran kas.
Berdasarkan hasil perhitungan terhadap 21 perusahaan sektor makanan dan minuman selama tahun analiasis yaitu tahun 1998-2000 dengan alat banalisis regresi berganda, uji F, uji t dan menggunakan program SPSS maka dapat diambil suatu kesimpulan yaitu ternyata dengan analisis regresi berganda diperoleh R sebesar 46 %, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang kuat antara variabel bebas dengan variabel terikat dan diperoleh koefisien determinan ( R2 ) sebesar 21,1% yang artinya 21,1% perubahan harga saham ( Y ) pada perusahaan sektor makan dan minuman ditentukan bersama-sama oleh variabel ROE, DER, PER sedang sisanya sebesar 79% ditentukan oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel kinerja keuangan (ROE, DER, PER ) mempunyai pengaruh yang nyata terhadap perubahan harga saham dan hasil uji t menunjukkan bahwa hanya variabel ROE yang berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa investor sebagai pelaku pasar sebaiknya tidak hanya berpatokan terhadap variabel bebas diatas sebagai satu-satunya informasi yang relevan untuk diterapkan dalam pengambilan keputusan investasi, faktor-faktor diluar variabel yang diteliti adalah seperti rasio-rasio keuangan lain selain yang dipergunakan sebagai variabel diatas, situasi politik, stabilitas ekonomi dan Bursa Efek itu sendiri.

 

Keyword : KINERJA KEUANGAN; SAHAM

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-arindrawir-1489-Pendahul-n.pdf


Keywords


KINERJA KEUANGAN; SAHAM