PELAKSANAAN PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP SEMANGAT DAN KEGAIRAHAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRAMUNIAGA PADA PT. SARINAH (Persero) MALANG

DONNY WIBOWO

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan insentif dan mengetahui kondisi semangat dan kegairahan kerja karyawan bagian pramuniaga pada PT. SARINAH (Persero) Malang.
Dalam penelitian ini tidak terdapat hipotesis karena tidak mencari tingkat pengaruh antara kedua variable. Responden berjumlah 27 orang dan jumlah ini kurang memenuhi syarat untuk di analisis secara regresi untuk mengetahui tingkat pengaruh, yang jumlah minimal respondennya lebih dari 30 orang.
Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui pelaksanaan insentif dan kondisi semangat dan kegairahan kerja menggunakan rentang skala yang mengolah hasil jawaban responden dari quesioner yang disebarkan pada responden. Untuk menguji instrumen di gunakan uji validitas, sedangkan untuk menguji sejauh mana alat ukur dapat dipercaya digunakan uji reliabilitas.
Hasil pengukuran dengan rentang skala melalui hasil quesioner diketahui bahwa pelaksanaan insentif pada PT. SARINAH (Persero) Malang saat ini dapat dilihat dari hasil jawaban responden terhadap pemberian insentif (finansial maupun non-finansial) yang ditunjukkan pada total skor indikator sebesar 87,5 dan 85,5 di antara rentang skala 87-106 dan 67-86 yang memiliki makna pelaksanaan pemberian insentif sudah sangat baik (insentif finansial) dan baik (insentif non-finansial). Semangat dan kegairahan kerja karyawan bagian pramuniaga PT. SARINAH (Persero) Malang dapat dinyatakan sangat tinggi, hal ini ditunjukkan oleh perhitungan dengan menggunakan rentang skala yang didapatkan nilai rata-rata total skor indikator sebesar 90,4 yang terletak pada rentang 87-106 yang berada pada skala penilaian sangat tinggi.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan, bahwa sebaiknya PT. SARINAH (Persero) Malang mempertahankan dan menambah jumlah insentif yang telah diberikan selama ini demi kelancaran hidup perusahaan, dengan melihat dan memperhitungkan kemampuan perusahaan untuk dapat memberikan insentif.

 

Keyword : INSENTIF; SEMANGAT KERJA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-donnywibow-1492-Pendahul-n.pdf


Keywords


INSENTIF; SEMANGAT KERJA