PENGENDALIAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI PADA PERUSAHAAN TENUN PELANGI LAWANG

SUMIYATUN SUMIYATUN

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian biaya tenaga kerja langsung dan untuk mencari solusi cara apa yang paling tepat dalam mengendalikan biaya tenga kerja langsung pada perusahaan .
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian biaya tenaga kerja langsung adalah selisih tarip upah langsung dan selisih efisiensi upah langsung. Tolok ukur yang digunakan untuk menetukan apakah selisih tersebut menguntungkan atau tidak bagi perusahaan adalah apabila jam kerja atau tarip upah sesungguhnya lebih besar dari jam kerja atau tarip upah standar. Sedangkan untuk mencari solusi cara apa yang paling tepat dalam mengendalikan biaya tenaga kerja langsung digunakan alat analisis kualitatif.
Hasil perhitungan dengan alat analisis selisih tarip upah langsung dan alat analisis efisiensi upah langsung adalah adanya selisih yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Sedangkan dengan analisis kualitatif diketahui adanya penyimpangan-penyimpangan dalam pengendalian biaya tenaga kerja langsung. Penyimpangan ini terjadi karena kurang tepatnya penentuan jam kerja standar, kurangnya pengawasan terhadap para pekerja serta belum adanya ketentuan dalam pemberian insentif.
Berdasarkan kesinmpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya Perusahaan Tenun Pelangi Lawang mengunakan studi waktu dan gerak dalam menentukan jam kerja standar, selain itu juga menambah pengawasan pada karyawan pada bagian produksi dengan lebih meningkatkan pemantauan langsung terhadap pekerja serta perusahaan sebaiknya memberikan insentif pada karyawan bagian produksi.

 

Keyword : BIAYA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-sumiyatun9-1500-Pendahul-n.pdf


Keywords


BIAYA