ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA

M. HUSNI THAMRIN

Abstract


Pada mulanya masalah yang dihadapi perusahaan adalah mencari dana atau meminjam dana dan dalam waktu jatuh tempo dana yang dipinjam tersebut harus dilunasi , hal semacam ini lebih dikenal dengan likuiditas perusahaan. Maka dari itu perusahaan harus memberi perhatian lebih terhadap likuiditas dan perusahaan harus membuat strategi yang bermanfaat, untuk mengoptimalisasikan dan mengelola aktiva lancar yang dimiliki perusahaan agar seluruh hutang lancarnya yang segera jatuh tempo dapat dilunasi dengan baik sama halnya keuntungan atau profitabilitas yang diperoleh dari aktivitas operasional yakni penjualan juga baik. likuiditas dan profitabilitas memegang peranan penting didalam perusahaan apakah perusahaan itu dapat menguntungkan, tumbuh dan berkembang. Berdasarkan latar belakang permasalahan maka penelitian ini berjudul ?Analisis Pengaruh Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Go Publik Di Burs Efek Jakarta.
Pelaksanaan dari penelitian ini terhadap 10 perusahaan go publik di bursa efek Jakarta terbatas untuk mengetahui besarnya pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara likuiditas terhadap profitabilitas pada perusahaan go publik di bursa efek Jakarta. Sedangkan untuk menilai pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas yang diteliti meliputi rasio keuangan.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial dapat diketahui bahwa pada tingkat taraf nyata 5% maka diperoleh nilai thitung sebesar 5,013 sedangkan ttabel sebesar 2,042 sehingga hipotesis ini terbukti bahwa likuiditas memberi pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas.
Sedangkan hasil yang diperoleh dari analisis regresi linier sederhana menyatakan bahwa liukiditas (current ratio) pada 10 perusahaan yang listing di bursa efek Jakarta memberikan pengaruh yang positif terhadap rentabilitas (ROI) sebesar 0,528, maka hal ini menunjukkan pertumbuhan likuiditas meningkat (1%) maka rentabilitas yang didapat juga naik yakni sebesar 0,528%. Dan dilihat dari nilai determinasi (R2) sebesar 0,473 yang menunjukkan 47,3% menyatakan likuiditas mempengaruhi profitabilitas, sedangkan sisanya sebesar 62,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi, berarti pengaruh likuiditas terhadap profitabilitas tidak terlalu besar.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya 10 perusahaan go publik yang telah listing di bursa efek Jakarta lebih banyak perhatiannya terhadap likuiditas dan profitabilitas harus lebih efektif dan efisien, terutama dalam hal mengelola aktiva lancar dan mengoptimalisasikan kinerja keuangan, agar finansial perusahaan lebih baik.

 

Keyword : Likuiditas; Profitabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/31/jiptummpp-gdl-s1-2004-mhusnitham-1509-Pendahul-n.pdf


Keywords


Likuiditas; Profitabilitas