ANALISIS PERENCANAAN TUNJANGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 (SESUAI UNDANG-UNDANG PERPAJAKAN TAHUN 2000) UNTUK PENGHEMATAN PAJAK, PADA PT. PLN (PERSERO) AP KUDUS

FITHRYA KUMALA ZA'IMY

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. PLN (Persero) AP Kudus dengan judul ? Analisis Perencanaan Tunjangan Pajak Penghasilan Pasal 21 (Sesuai Undang-Undang Perpajakan Tahun 2000) Untuk Penghematan Pajak Pada PT PLN (Persero) AP Kudus?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perusahaan sudah memberikan tunjangan pajak penghasilan pasal 21 dan untuk mengetahui besarnya laba perusahaan sebelum dan sesudah melakukan perencanaan tunjangan pajak penghasilan pasal 21.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis kuantitatif yaitu dengan cara menghitung laba perusahaan sebelum dan sesudah melakukan perencanaan tunjangan pajak penghasilan pasal 21. Dan analisis ini dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, yaitu memberikan tunjangan tidak dalam bentuk natura, memberikan tunjangan pajak dengan cara menggross-upkan kegaji karyawan tiap bulan, menghitung pajak penghasilan setelah perencanaan tunjangan pajak, dan menghitung laba perusahaan setelah adanya perencanaan tunjangan pajak.
Hasil penelitian yang penulis lakukan adalah bahwa PT. PLN (Persero) AP Kudus belum memberikan tunjangan pajak kepada karyawannya. Disini ditemukan adanya tunjangan yang diberikan dalam bentuk natura yaitu biaya makan, biaya pendidikan dan pelatihan. Sebelum melakukan perencanaan tunjangan pajak, pajak penghasilan perusahaan sebesar Rp 86.090.691.566. Dengan memberikan tunjangan pajak, penghasilan karyawan menjadi bertambah dan pajak penghasilan perusahaan berkurang menjadi Rp 85.938.265.000, sehingga terjadi penghematan pajak sebesar Rp 152.426.566. Dimana penghematan ini tidak dikenakan pajak, karena dihitung setelah penghitungan pajak penghasilan perusahaan. Akan tetapi perusahaan juga mengalami penurunan laba, hal ini disebabkan karena adanya pengalokasian dana untuk tunjangan pajak.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. PLN (Persero) AP Kudus memberikan tunjangan pajak kepada karyawannya, karena akan menghemat pajak penghasilan tiap tahunnya, karyawan juga akan bertambah penghasilannya dan karyawan akan teringankan beban tanggungan pajak penghasilan pasal 21nya.

 

Keyword : TUNJANGAN PAJAK PENGHASILAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/31/jiptummpp-gdl-s1-2004-fithryakum-1531-Pendahul-n.pdf


Keywords


TUNJANGAN PAJAK PENGHASILAN