PERANAN ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN ANALISIS Z SCORE UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN( Studi Kasus Pada PT. Semen Gresik Tbk)

Yeny Eka Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasusu dengan judul ?PERANAN ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN ANALISIS Z SCORE UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Semen Gresik Tbk)?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan jika diukur dengan analisis rasio keuangan, (2) Untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan jika diukur dengan analsis Z Score.
Alat analisis yang digunakan sebagai berikut: (1) Analisis Rasio Keuangan yang meliputi rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, dan rasio rentabilitas, (2) Analisis Z Score yang mengkombinasikan lima rasio yaitu rasio modal kerja terhadap total aktiva, rasio laba ditahan terhadap total aktiva, rasio EBIT terhadap total aktiva, rasio nilai pasar saham biasa dan preferen terhadap nilai buku total hutang, serta rasio penjualan terhadap total hutang.
Dari hasil penelitian dapat diketahui, jika dilihat dari analisis Time Series rasio likuiditas perusahaan kurang menguntungkan disebabkan karena semakin naiknya aktiva lancar dan hutang lancar. Rasio aktivitas PT. Semen Gresik Tbk mengalami penurunan, hal ini menunjukkan menurunnya kefektifan dalam mengelola investasi dan sumber ekonomi. Rasio solvabilitas perusahaan juga sudah baik, sedangkan rasio rentabilitas yang dihasilkan bersifat fluktuatif karena naik turunnya laba bersih yang dihasilkan. Jika dilihat dari analisis Cross Section kinerja PT. Semen Gresik Tbk juga masih lebih baik daripada perusahaan lain yang sejenis yaitu PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT. Semen Cibinong Tbk. Analisis Z Score menghasilkan nilai Z sebesar 1,198 untuk tahun 1999, tahun 2000 sebesar 1,3287, dan pada tahun 2001 sebesar 1,2847. Nilai-nilai tersebut berada di bawah 1,81 yang berarti perusahaan berada pada kategori perusahaan yang akan bangkrut. Tetapi kinerja PT. Semen Gresik Tbk masih berada pada urutan pertama jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis pada analisis Z Score.
Melihat dari hasil analisis tersebut, perusahaan harus dapat menekan hutang lancarnya sehingga likuiditas perusahaan menjadi baik. Perusahaan harus dapat meningkatkan rasio aktivitas dan mempertahankan rasio solvabilitas, dan rentabilitas perusahaan. Selain itu perusahaan harus dapat meningkatkan penjualannya karena berpengaruh pada laba bersih yang dihasilkan.

 

Keyword : RASIO KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/31/jiptummpp-gdl-s1-2004-yenyekasul-1535-Pendahul-n.pdf


Keywords


RASIO KEUANGAN