EVALUASI PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PELAKSANAAN SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PT. MASPION III DIVISI ALUMINIUM MIKADO SIDOARJO

Romdiatul Mufidah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat yang bersifat studi kasus dengan judul ?Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Pelaksanaan Sistem Penggajian Dan Pengupahan pada PT. Maspion III Divisi Aluminium Mikado Sidoarjo?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan memecahkan masalah sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan pada PT. Maspion Divisi Aluminium Mikado Sidoarjo.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pengendalian intern dalam aktivitas penggajian diperlukan perusahaan untuk (1) mengamankan harta milik perusahaan, (2) memerikasa ketelitian dan kebenaran data akuntansi penggajian dan pengupahan, (3) mndorong efisien dan efektivitas operasi perusahaan, (4) mendorong ditaatinya kebijaksanaan manajemen yang ditetapkan perusahaan. selain itu prosdur penggajian dan pengupahan yang dijalankan oleh PT. Maspion III Divisi Aluminium Mikado di Sidoarjo kurang efektif, sehingga pengendalian intern yang ada dalam perusahaan masih lemah, hal ini dibuktikan dengan (1) dalam pengisian kartu jam hadir dilakukan oleh karyawan sendiri tanpa ada pengawasan dari perusahaaan. Hal ini dapat menimbulkan manipulasi data waktu hadir yang bisa dilakukan oleh karyawan, (2) dokumen daftar gaji dan upah dan bukti kas keluar hanya dibuat satu lembar. Daftar gaji dan upah hanya dimiliki oleh bagian kasir dan bukti kas keluar hanya dimiliki oleh bagian pembukuan. Hal ini dapat mengakibatkan manipulasi data, karena dokumen yang dibuat hanya dimiliki satu bagian saja. Dan kesimpulan yang terakhir yaitu tenaga kerja pada PT. Maspion III Divisi Aluminium Mikado di Sidoarjo kurang memiliki kecakapan yang sesuai dengan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya proses rekruitmen karyawan yang masih prioritas pada famili terutama pada bagian staf perusahaan tersebut.

 

Keyword : Pengendalian Intern; Pengupahan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/31/jiptummpp-gdl-s1-2004-romdiatulm-1516-Pendahul-n.pdf


Keywords


Pengendalian Intern; Pengupahan