MANAJEMEN AUDIT ATAS EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN PADA PT. MENTARI MASSEN TOYS INDONESIA

MUHAMMAD AKBAR

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yang dilaksanakan pada PT. Mentari Massen Toys Indonesia-Jombang dengan judul “MANAJEMEN AUDIT ATAS EFEKTIFITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PERSEDIAAN PADA PT.MENTARI MASSEN TOYS INDONESIA”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari sistem pengendalian intern yang diterapkan yang sesuai dengan kebijaksanaan dan prosedur yang ada, dan mengidentifikasian masalah-masalah yang muncul dalam kegiatan pembelian yang selama ini berjalan sehingga dapat diambil tindakan antisipasi serta tindakan lebih lanjut dari masalah yang dihadapi. Selain iu juga untuk mengetahui kebutuhan dari pihak intern perusahaan atas system pengendalian intern khususnya pada masalah pembelian bahan baku yang selama ini dilaksanakan dan memberikan alternative pemecahan masalah atas kondisi yang ada sehingga kegiatan pembelian yang akan dilaksanakan selanjutnya dapat berjalan secara efektif.
Dalam penelitianini, data-data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Ada empat tahapan dalam pemeriksaan manajemen yang dijalankan yaitu : tahap survey pendahuluan, melakukan review dan pengujian atas system pengendalian manajemen, tahap pemeriksaan terinci serta tahap pelaporan.
Hasil pemeriksaan struktur organisasi pada PT. Mentari Massen Toys Indonesia telah menunjukkan adanya pembagian tugas dan wewenang yang jelas serta tidak terdapat fungsi ganda dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Dalam melakukan pembelian bahan baku perusahaan hanya mendasarkan pada stock yang dimonitor bagian pembelian dan budget pembelian bahan baku tanpa memperhitungkan jumlah pembelian barang yang paling ekonomis. Pembagian tugas dan tanggung jawab fungsional dan sistem wewenang serta prosedur pencatatannya telah dilakukan oleh perusahaan secara jelas, hal tersebut dibuktikan yaitu setiap transaksi yang terjadi selalu menggunakan formulir yang bernomor urut tercetak, perusahaan mengadakan pemeriksaan secara mendadak tanpa adanya jadwal khusus dan tanggung jawab setiap bagian sesuai dengan fungsinya masing-masing.Diharapkan dalam penyusunan anggaran pembelian bahan baku perusahan menerapkan metode EOQ (Economic Order Quantity) yang telah terbukti dapat meningkatkan efisiensi atas biaya yang telah dikeluarkan perusahaan..Dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan diharapkan untuk melakukan perputaran jabatan (job rotation) dalam kegiatan pembelian atau pengadaan bahan baku sehingga dapat mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan yang dapat dilakukan bagian tersebut. Diharapkan dalam melakukan perekrutan karyawan baru perusahaan tetap menggunakan sistem atau prosedur yang selama ini telah dijalankan sehingga dapat memperoleh karyawan yang benar-benar berkualitas.

 

Keyword : Manajemen Audit; Sistem pengendalian intern

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/7/jiptummpp-gdl-s1-2004-muhammadak-333-Pendahul-n.PDF


Keywords


Manajemen Audit; Sistem pengendalian intern