PERANAN SEGMENTED REPORTING DALAM ANALISIS KONTRIBUSI LABA PER JENIS PRODUK PADA PT. ARTHAWENA SAKTI GEMILANG DI MALANG

Achmad Zamroni

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Arthawena Sakti Gemilang dengan judul ?Peranan Peranan Segmented Reporting Dalam Analisis Kontribusi Laba Per Jenis Produk Pada PT. Arthawena Sakti Gemilang Di Malang?.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu manajer dalam menganalisis terhadap data laporan keuangan yang ada, sehingga dapat diketahui sejauh mana prestasi penjualan produknya dan untuk mengetahui kendala dalam penilaian prestasi penjualan perusahaan dan membantu mencari alternatif solusinya dengan menggunakan laporan per segmen.
Segmen yang dianalisis adalah segmen berdasar jenis produknya. Beberapa alat analisis dalam laporan yang disegmen antara lain meliputi nilai penjualan setiap segmen yang disegmen Contribution Margin (CM), Contribution Margin Ratio (CMR), Segment Margin (SM), Segment Margin Ratio (SMR). Nilai penjualan menunjukkan beberapa rupiah kontribusi pendapatan segmen tertentu dalam meningkatkan nilai penjualan total. Kontribusi margin bermanfaat apabila digunakan dalam keputusan jangka pendek seperti pesanan khusus untuk mendongkrak volume penjualan prouk tertentu dan sebagainya. Kontribusi margin rasio bermanfaat untuk mengetahui perubahan kontribusi margin sebagai akibat pembebanan tiap rupiah penjualan. Segmen margin dapat dipandang sebagai ukuran terbaik analisis profitabilitas jangka panjang, sedangkan segmen margin rasio lebih tepat jika dimanfaatkan untuk menganalisis prestasi penjualan.
Dari hasil analsis laporan yang disegmen per jenis produk pada PT. Arthawena Sakti Gemilang menunjukkan bahwa prestasi penjualan produk Radja Lux lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi penjualan produk Avian. Hal ini disebabkan pada segmen margin rasionya yang lebih besar, akan tetapi dapat dikatakan cukup stabil karena produk-produknya sudah dapat menutupi biaya-biaya tetap langsungnya.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa untuk kepentingan manajemen perusahaan sebaiknya menggunakan laporan per segmen sebagai alat penilaian prestasi penjualan pada PT. Arthawena Sakti.

 

Keyword : SEGMENTED REPORTING; ANALISIS KONTRIBUSI LABA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/27/jiptummpp-gdl-s1-2004-achmadzamr-1305-Pendahul-n.pdf


Keywords


SEGMENTED REPORTING; ANALISIS KONTRIBUSI LABA