ANGGARAN FLEKSIBEL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA OVERHEAD PABRIK PADA PT SHARP SEMICONDUCTOR INDONESIA

Sherly Noverita

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Sharp Semiconductor Indonesia dengan judul ?Anggaran Fleksibel Sebagai Alat Pengendalian Biaya Overhead Pabrik Pada PT. Sharp Semiconductor Indonesia?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas pengendalian yang dilakukan perusahaan terhadap biaya overhead pabrik; dan untuk mempelajari dan mengevaluasi anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya overhead pabrik.
Dalam penelitian ini, penulis membandingkan anggaran statis yang diterapkan di perusahaan dengan anggaran fleksibel.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah memisahkan biaya overhead pabrik semi variabel ke dalam biaya overhead tetap dan biaya overhead variabel dengan menggunakan metode kuadrat terkecil. Untuk menetukan anggaran fleksibel yang mendekati realisasinya, maka digunakan metode interpolasi; dan untuk menghitung varians biaya overhead pabrik menggunakan varians anggaran dan varians kapasitas. Selain itu penulis juga membandingkan anggaran statis yang diterapkan perusahaan dengan anggaran fleksibel.
Hasil perhitungan bila menggunakan anggaran statis, varians yang dihasilkan adalah menguntungkan sebesar Rp 6.073.269,00 dan apabila menggunakan anggaran fleksibel varians yang dihasilkan adalah menguntungkan sebesar Rp 63.311.491,00.
Dengan menggunakan anggaran statis, manajer akan menyimpulkan bahwa perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp 6.073.269,00. Sedangkan pada kenyataannya perusahaan bisa menghemat biaya sebesar Rp 63.311.491,00
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Sharp Semiconductor Indonesia menggunakan anggaran fleksibel.

 

Keyword : ANGGARAN FLEKSIBEL; BIAYA OVERHEAD

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/27/jiptummpp-gdl-s1-2004-sherlynove-1308-Pendahul-n.pdf


Keywords


ANGGARAN FLEKSIBEL; BIAYA OVERHEAD