PENGENDALIAN PIUTANG DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA PG. KEBON AGUNG MALANG

JAURIN OPERANTI WIDOWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PG. Kebon Agung Malang, dengan judul ?Pengendalian Piutang dalam Upaya untuk Meningkatkan Rentabilitas pada PG. Kebon Agung Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas pengendalian piutang dalam usaha meningkatkan rentabilitas perusahaan.
Alat analisa yang digunakan untuk mengetahui apakah pengendalian piutang telah dilaksanakan secara efisien dan efektif adalah dengan menggunakan analisa rasio aktivitas untuk mengukur efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya yang dimiliki perusahaan yang berupa piutang. Analisa ini menggunakan 2 rasio yaitu perputaran piutang dan hari rata-rata pengumpulan piutang. Analisa rentabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, analisa ini menggunakan 2 rasio, yaitu rentabilitas ekonomis dan rentabilitas modal sendiri. dan untuk mengetahui pengaruh perputaran piutang dengan rentabilitas ekonomis menggunakan analisa koefisien korelasi.
Hasil dari perhitungan analisa rasio aktivitas dan rentabilitas dapat diketahui bahwa rasio rata-rata hari pengumpulan piutang mengalami fluktuasi, pada tahun 1999 sebesar 32 hari. Pada tahun 2000 rata-rata hari pengumpulan piutang 30 hari dan pada tahun 2001 meningkat menjadi 31,6 hari. Untuk rasio rentabilitas mengalami kenaikan. Rasio rentabilitas ekonomis pada tahun 1999 sebesar 9,002 %, pada tahun 2000 sebesar 9,6 % dan pada tahun 2001 sebesar 11,84 %. Dari hasil analisa tersebut juga dapat diketahui adanya kesempatan yang hilang adalah pada tahun 1999 sebesar Rp. 17.405.055.360, pada tahun 2000 sebesar Rp. 18.688.320.000 dan pada tahun 2001 sebesar Rp. 20.996.327.331.
Berdasarkan hasil analisa tersebut dapat diketahui bahwa pengendalian piutang yang dilaksanakan PG. Kebon Agung Malang kurang efektif dan efisien, karena setiap tahunnya besarnya kesempatan yang hilang terus meningkat, sehingga perusahaan harus lebih meningkatkan internal control terhadap piutang.
Oleh karena itu dalam meningkatkan efektivitas pengendalian piutang penulis dapat memberikan beberapa saran, yaitu agar tidak terjadi penumpukan piutang sebaiknya perusahaan lebih efektif dalam mengendalikan piutang dengan merubah kebijaksanaan penjualan dengan mengurangi prosentase penjualan kredit dan memberikan potongan pembayaran bagi pelanggan yang melunasi kewajibannya.

 

Keyword : PENGENDALIAN PIUTANG; MENINGKATKAN RENTABILITAS; PG. KEBON AGUNG MALANG

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/27/jiptummpp-gdl-s1-2004-jaurinoper-1350-Pendahul-n.pdf


Keywords


PENGENDALIAN PIUTANG; MENINGKATKAN RENTABILITAS; PG. KEBON AGUNG MALANG