PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. MADURA PRIMA INTERNA KAPEDI SUMENEP-MADURA

SUCIPTO SUCIPTO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan manufaktur PT. Madura Prima Interna Kapedi Sumenep Madura dengan judul ?Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Uur Penilaian Kinerja Perusahaan Pada PT. Madura Prima Interna Kapedi Sumenep Madura?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Balanced Scorecard sebagai tolak ukur perusahaan dan juga untuk mengetahui kinerja pada PT. Madura Prima Interna Kapedi Sumenep Madura bila dinilai dengan metode Balanced Scorecard.
Dalam penelitian ini, penukis mengambil metode Balanced Scorecard yang terdiri dari empat perspektif. Perspektif tersebut antara lain : Perspektif Keuangan, Pelanggan, Bisnis Internal, Belajar dan Berkembang.
Alat analisis yang digunakan untuk Perspektif Keuangan menggunakan :
ROI, Profit Margin In Sales, Growth Rate In Sales. Perspektif Pelanggan menggunakan : Customer Retention, Number Of Compalin, Number Of New Customer, Number Of Sales Return, On Time Delivery. Perspektif Bisnis Internal menggunakan : Cycles Times, dan Yield Rates, Perspektif Belajar dan Berkembangmenggunakan : Employee Productivity, Employee Turn Over dan Abseeintiesm.Hasil perhitungan dari indikator perspektif keuangan cukup baik yaitu secara priodik hasil yang dicapai menglami penigkatan. Untuk perspektif pelanggan hasil yang dicapai cukup baik, karena perusahaan benar ? benar mengerti keinginan pelanggan, untuk perspektif bisnis internal hasil yang dicapai cukup baik, dimana karyawan dapat menggunakan waktu secara efisien dan menggunakan kapasitas produksi secara maksimal, sedangkanuntuk perspektif belajar dan berkembang mengalami peningkatan cukup baik, dimanaperusahaan menekan tingkat absensi dan menekan tingkat perputaran tenaga kerja serta karyawan dapat memaksimalkan waktu produksi yang ada.Dari hasil analisis yang ada, dapat diambil kesimpulan tinggi rendahnya perspektif keuangan ditentukan oleh tiga perspektif non keuangan yang ada. Jadi sudah jelas bahwa selain kinerja finansial, kinerja non finansial juga sangat dibutuhkan.Berdasarkan kesimpulan, peneliti dapat mengimplikasikan, bahwa sebaiknya PT. Madura Prima Interna Kapedi Sumenep Madura memperhatikan, meningkatkan dan mengefektifkan kegunaan dari perspektif non keuangan yang ada, karena perspektif non keuanganmerupakan penunjang dan kunci keberhasilan perspektif keuangan.

 

Keyword : Tolak Ukur Kerja; Penerapan Balanced Scorecard

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/28/jiptummpp-gdl-s1-2004-sucipto976-1353-Pendahul-n.pdf


Keywords


Tolak Ukur Kerja; Penerapan Balanced Scorecard