PENGARUH KEBIJAKAN PENENTUAN HARGA TRANSFER TERHADAP KONTRIBUSI LABA DIVISI PADA PT. NIZAR BANGIL PASURUAN

SRI RAHAYU PUJI SARI

Abstract


Penelitian ini merupakan study kasus pada PT. Nizar dengan judul ?Pengaruh Kebijakan Penentuan Harga Transfer Terhadap Kontribusi laba divisi pada PT. Nizar Bangil Pasuruan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kebijaksanaan penentuan harga transfer yang akan diterapkan perusahaan dan membandingkan dengan konsep-konsep teori yang ada guna membantu pemecahan masalah yang dihadapi, dan untuk menentukan metode yang sesuai dengan kondisi perusahaan guna mendukung prestasi manajer divisi.
Alat analisis yang digunakan mengenai metode penetapan harga transfer adalah selain yang diterapkan oleh perusahaan yaitu metode harga pasar sesungguhnya, penulis juga menggunakan metode metode harga pasar yang dimodifikasi. Metode pembagian laba dan metode biaya ditambah laba.
Hasil perhitungan berdasarkan metode harga pasar sesungguhnya diperoleh kontribusi laba untuk divisi bordir sebesar Rp. 3.684.768.060 dan untuk divisi garmen sebesar Rp. 2.406.136.970; metode harga pasar yang dimodifikasi menghasilkan kontribusi laba untuk divuisiu bordir sebesar Rp. 3.439.608.060 dan untuk divisi garmen sebesar Rp. 2.741.296.970; metode pembagian laba menghasilkan kontribusi laba untuk divisi bordir sebesar Rp. 3.045.452.515 dan untuk divisi garmen sebesar Rp. 3.045.452.515; metode biaya ditambah laba menghasilkan kontribusi laba untuk divisi bordir sebesar Rp. 867.189.990 dan untuk divisi garmen sebesar Rp. 5.223.715.370.
Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa metode yang lebih sesuai untuk diterapkan diperusahaan yaitu metode harga pasar yang dimodifikasi. Hal ini disebabkan adanya kondisi khusus yang diperhatikan didalam perusahaan yaitu adanya biaya-biaya yang dapat dihindari atau ditekan yang digunakan untuk mengurangi besarnya harga transfer antar divisi, sehingga antar divisi yang satu dengan yang lain tidak ada perasaan saling dirugikan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat menyarankan bahwa sebaiknya PT. Nizar Bangil pasuruan lebih baik menggunakan metode harga pasar yantg dimodifikasi karena metode ini lebih mencerminkan prestasi majaner divisi yang sesungguhnya.

 

Keyword : Harga Transfer; Kontribusi Laba

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/28/jiptummpp-gdl-s1-2004-srirahayup-1360-pENDAHUL-N.pdf


Keywords


Harga Transfer; Kontribusi Laba