EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH GUNA MENINGKATKAN PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PEMERINTAH KOTA BATU

Suharsono Suharsono

Abstract


Penelitian ini adalah studi kasus pada pemerintah Kota Batu dengan judul ?Efektivitas Pemungutan Pajak Daerah Guna Meningkatkan Penerimaan-Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Batu?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah pemungutan pajak daerah yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Kota Batu tidak berjalan efektif dan untuk mengetahui Apakah tingkat efektivitas pemungutan pajak daerah dapat meningkatkan penerimaan-penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batu.
Penelitian ini bersifat diskriptif yang artinya peneliti mendiskripsikan obyek penelitian dari sudut pandang peneliti baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Obyek penelitian yang akan didiskripsikan meliputi obyek penerimaan PAD, wajib pajak dan aparat pemungutan, sarana dan fasilitas penunjang pemungutan dan mekanisme pemungutannya.
Alat analisis yang dipergunakan untuk mengetahui apakah besarnya kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah analisis ratio, dan sedangkan tingkat efektivitas pemungutan pajak daerah Kota Batu adalah analisis efektivitas.
Hasil pendiskripsian yang dilakukan pada obyek penelitian adalah masih adanya obyek penerimaan PAD yang belum digali, dan ada obyek penerimaan PAD yang pemungutannya belum maksimal, wajib pajak yang sudah mempunyai ketaatan yang baik sebesar 80%, mekanisme pemungutan yang sudah berjalan secara baik sebesar 80,70%, aparat pemungutan masih sangat minim baik secara kuantitas maupun secara kualitas sedangkan sarana dan fasilitas penunjang belum memadai.
Hasil penghitungan Ratio, tingkat efektivitas pemungutan pajak daerah dan tingkat perkembangan kenaikan penerimaan pajak daerah pemerintah Kota Batu sudah berjalan efektif. Sedangkan besarnya potensi penerimaan PAD mendatang yang dapat ditargetkan sebesar Rp.3.586.662.250 dan yang dapat terealisasi sebesar Rp.3.932.279.946.
Dari hasil pendiskripsian dan analisis tersebut, menunjukkan bahwa pemungutan pajak daerah sudah dilakukan berjalan efektif, namun demikian masih perlu peningkatan karena terdapat kendala-kendala dalam proses pemungutan seperti dalam hasil pendiskripsian di atas.
Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya Pemkot Batu lebih meningkatkan lagi upaya efektif pemungutan PAD yaitu mencarikan solusi atau minimalisasi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pemungutan PAD.

 

Keyword : Pajak Daerah; Pendapatan Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/28/jiptummpp-gdl-s1-2004-suharsono9-1393-Pendahul-n.pdf


Keywords


Pajak Daerah; Pendapatan Daerah