PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP LABA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BEJ)

DIAH AYU SUBEKTI

Abstract


Banyak perusahaan baik yang berskala besar maupun kecil, menaruh perhatian pada masalah manajemen pendanaan di samping masalah-masalah lainnya seperti produksi, marketing, dan personalia dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan. Manajemen pendanaan pada hakekatnya menyangkut keseimbangan financial di dalam perusahaan, yakni keseimbangan antara aktiva dan pasiva yang dibutuhkan, beserta mencari susunan kualitatif dari aktiva dan pasiva. Pemilihan susunan kualitatif dari aktiva akan menentukan struktur kekayaan perusahaan. Sedangkan pemilihan susunan kualitatif dari pasiva akan menentukan struktur financial (struktur pendanaan) dan struktur modal perusahaan (Bambang, 2001: 13).
Pada prinsipnya, setiap perusahaan membutuhkan dana. Pemenuhan dana tersebut dapat berasal dari sumber intern atau ekstern. Namun umumnya perusahaan cenderung menggunakan modal sendiri sebagai modal permanen dari pada modal asing yang hanya digunakan sebagai pelengkap apabila dana yang diperlukan kurang mencukupi. Karena itu, para manajer keuangan dengan tetap memperhatikan cost of capital perlu menentukan struktur pendanaan dalam upaya menetapkan apakah kebutuhan dana perusahaan dapat dipenuhi dengan modal sendiri ataukah dipenuhi dengan modal asing (Bambang,2001:246).

 

Keyword : Struktur Modal; Laba Perusahaan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/28/jiptummpp-gdl-s1-2004-diahayusub-1399-Pendahul-n.pdf


Keywords


Struktur Modal; Laba Perusahaan