PENDEKATAN STATISTICAL QUALITY CONTROL UNTUK MENILAI EFEKTIFITAS INVESTIGASI PENYIMPANGAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. CAKRA GUNA CIPTA MALANG

HAIRUNNISA HAIRUNNISA

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan ?Rokok ? dengan judul ?Pendekatan Statistical Quality Control untuk menilai Efektifitas Investigasi Penyimpangan Biaya Produksi pada PT. Cakra Guna Cipta Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pendekatan pertimbangan manajemen dalam menginvestigasi penyimpangan biaya produksi, dan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Statistical Quality Control dalam meninvestigasi penyimpangan Biaya Produksi.
Alat analisis yang digunakan Analisis pendekatan perrtimbangan Manajemen dan Analisis Statistical Quality Control. Analisis Pendekatan Pertimbangan manajmen dalam menginvestigasi Penyimpangan Biaya Produksi berdasarkan pada pertimbangan atau intuisi manajemen dengan cara menentukan jumlah absolut dalam rupiah penyimpangan yang harus diselidiki dalam menentukan prosentase penyimpangan dari anggaran atau standar yang harus diselidiki. Sedangkan analisis pendekatan statistical Quality Control dalam menginvestigasi penyimpangan Biaya Produksi menggunakan perhitungan Statistik dengan rumus UCL = - A2 dan LCL = - A2 yang berdasrkan pada grafik control chart.
Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan pertimbagan manajemen menunjukkan bahwa setiap ada penyimpangan yang terjadi yang melebihi batas toleransi yang ditetapkan oleh pihak manajemen maka perusahaan melakukan investigasi terhadap penyimpangan biaya produksi, apabila perusahaan menggunakan pendekatan Statistical Quality Control maka perusahaan tidak perlu melakukan penyelidikan karena pendekatan ini mempertimbangkan kegiatan yang berada pada kegiatan yang berada pada kegiatan in-control (terkendali) dan kegiatan yang berada pada kegiatan out-of control (tidak terkendali) pada grafik control chart (peta Kendali) dengan menggunakan perhitungan statistik
Berdasarkan uraian diatas penulis menyarankan bahwa sebaiknya perusahaan menggunakan Pendekatan Statistical Quality Control karena pendekatan ini dipandang lebih akurat karena menggunakan perhitungan Statistik.

 

Keyword : STATISTICAL QUALITY CONTROL; PENYIMPANGAN BIAYA PRODUKSI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/27/jiptummpp-gdl-s1-2004-hairunnisa-1312-Pendahul-n.pdf


Keywords


STATISTICAL QUALITY CONTROL; PENYIMPANGAN BIAYA PRODUKSI