ANALISIS BIAYA, VOLUME DAN LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN KECAP CAP "RAHAYU" BLITAR

Endang Puji Lestari

Abstract


Penelitian yang telah penulis lakukan merupakan studi kasus pada perusahaan kecap cap Rahayu Blitar dengan judul ?ANALISIS BIAYA, VOLUME DAN LABA SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN KECAP CAP RAHAYU BLITAR?.
Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi mengenai manfaat analisis biaya-volume-laba dalam perencanaan penjualan yang mempengaruhi tingkat laba menurut pandangan perusahaan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan elemen-elemen dalam analisis biaya-volume-laba terhadap laba yang diinginkan perusahaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah analisis biaya, volume dan laba bermanfaat dalam perencanaan penjualan yang sekaligus mempengaruhi tingkat laba yang diinginkan perusahaan dan sejauhmana pengaruh perubahan elemen-elemen dalam analisis biaya, volume dan laba terhadap tingkat laba yang akan dicapai.
Alat analisis yang penulis gunakan adalah metode least square yang akan digunakan untuk menghitung peramalan penjualan, metode kuadrat terkecil untuk menentukan anggaran biaya yang didalamnya terdapat pemisahan biaya semivariabel kedalam biaya tetap dan biaya variabel. Selain itu penulis juga menggunakan analisis Break Event Point untuk mengetahui volume penjualan pada saat perusahaan tidak memperoleh keuntungan maupun tidak menderita rugi.
Berdasarkan analisis biaya, volume dan laba hasil perhitungan yang diperoleh yaitu, apabila besarnya-biaya, volume penjualan dan harga jual pada perusahaan tidak mengalami perubahan maka laba yang diperoleh sebesar Rp. 44.136.004,00 untuk produk kecap manis dan Rp. 67.156.296,00 untuk produk kecap asin. Apabila harga turun 5% dan volume penjualan naik 15% maka laba yang diperoleh akan meningkat sebesar Rp. 124.729.639,00 untuk kecap manis dan Rp. 141.106.693,00 untuk kecap asin.
Berdasarkan perhitungan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk perencanaan laba jangka pendek hendaknya perusahaan kecap cap rahayu Blitar menggunakan analisis biaya-volume-laba, karena dengan analisis tersebut perusahaan akan mudah mengetahui perubahan laba yang akan dicapai apabila terdapat perubahan pada biaya, volume penjualan dan harga jual yang terjadi.

 

Keyword : Analisis Biaya; Laba; Volume

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/29/jiptummpp-gdl-s1-2004-endangpuji-1442-Pendahul-n.pdf


Keywords


Analisis Biaya; Laba; Volume