PENGARUH ORIENTASI STRATEGI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA

ENDANG SUSANTI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada Perusahaan Manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dengan judul ?Pengaruh Orientasi Strategi Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris apakah orientasi strategi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil satu hipotesis, yaitu : bahwa orientasi strategi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEJ.
Alat analisis yang digunakan untuk menentukan tipologi perusahaan yang tergolong prospektor dan defender adalah dengan analisis faktor. Prosedur analisis faktor juga dilakukan untuk menganalisis variabel-variabel indikator kinerja keuangan. Untuk mengetahui pengaruh orientasi strategi terhadap kinerja keuangan perusahaan digunakan alat analisis regresi linier dengan menggunakan variabel dummy dengan ketentuan D=0 untuk prospektor dan D=1 untuk defender, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji F.
Hasil perhitungan analisis faktor tersebut dari 131 sampel penelitian dirangking dari yang terkecil hingga terbesar dan untuk no 1-65 tergolong tipologi defender sedangkan untuk no 65-131 tergolong prospektor. Berdasarkan hasil regresi linear diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 6%, sedangkan dari uji F diperoleh F hitung sebesar 4,053 dan tingkat signifikansi 0,02.
Berdasarkan hasil regresi linier dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi strategi dapat menjelaskan perubahan terhadap varibel kinerja keuangan perusahaan sebesar 6%. Dan berdasarkan uji F diperoleh nilai F hitung (4,053) > F tabel(3,07) dan tingkat signifikansi 0,02<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa orientasi strategi berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEJ.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan memperhatikan pemilihan strategi yang sesuai dengan kondisi perusahaan karena hal tersebut mempengaruhi kinerja keuangan dari perusahaan.

 

Keyword : ORIENTASI STRATEGI; KINERJA KEUANGAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/30/jiptummpp-gdl-s1-2004-endangsusa-1463-Pendahul-n.pdf


Keywords


ORIENTASI STRATEGI; KINERJA KEUANGAN