ANALISIS COST OF CAPITAL UNTUK MENENTUKAN STRUKTUR MODAL YANG OPTIMAL PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR

Ninik Suprihati

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dengan judul: ?Analisis Cost of Capital Untuk Menentukan Struktur Modal Yang Optimal Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk?.
Tujuan utama terbentuknya perusahaan adalah mencari keuntungan serta kesinambungan usaha. Untuk mencapai keuntungan yang diharapkan, perusahaan memerlukan dana untuk keperluan operasi dan investasi. Berbagai pertimbangan perlu diperhatikan dalam memenuhi dana tersebut antara lain biaya modal, resiko yang mungkin dihadapi apabila dana tersebut ditarik dari hutang jangka panjang atau menerbitkan saham biasa. Disamping itu seberapa besar komposisi struktur modal yang optimal bagi perusahaan.
PT Indofood Sukses Makmur Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi produk makanan olahan paling bermutu dan produk pelengkap lain. PT Indofood Sukses Makmur telah go public di PT Bursa Efek Surabaya.
Untuk menentukan struktur modal yang optimum, digunakan konsep cost of capital. Dengan perhitungan cost of capital hutang obligasi, cost of capital emisi saham baru, cost of capital saham biasa, cost of capital laba ditahan, dan weighted average cost of capital. Dan struktur modal yang optimum tercapai apabila biaya modal rata-rata tertimbang adalah rendah. Karena biaya modal ini berhubungan dengan profitabilitas, maka pada saat struktur modal optimum diperhitungkan pula tingkat profitabilitas dengan cara ROA dan ROE.
Dari hasil penelitian tersebut struktur modal yang optimum dapat dicapai apabila WACC minimum. Tingkat WACC yang terendah dicapai pada tahun 2000 yaitu 18,53% dengan komposisi struktur modal yang terdiri dari 38,4% modal dan 61,58% hutang. Apabila dilihat dari sisi ROA pada tingkat pengembalian 11,1% dan ROE pada tingkat pengembalian 57,97% terjadi pada tahun 1999 sebesar 34,8%. Perusahaan tersebut mampu menghasilkan laba yang cukup tinggi, sehingga mampu mengefisienkan laba.

 

Keyword : cost of capital; struktur modal

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/11/jiptummpp-gdl-s1-2004-niniksupri-550-Pendahul-n.pdf


Keywords


cost of capital; struktur modal