OPERASIONAL AUDIT ATAS FUNGSI PENJUALAN UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PADA PR. PT PENAMAS NUSAPRIMA MALANG

Desi Ana Rosprida

Abstract


Penelitian ini merupakan desain studi kasus pada Perusahaan Rokok Penamas Nusaprima Malang dengan judul ?Operasional Audit atas Fungsi Penjualan untuk Menilai Efisiensi dan Efektivitas pada P.R. PT. Penamas Nusaprima Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pemeriksaan operasional pada bagian penjualan dan untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas pada Perusahaan Rokok Penamas Nusaprima Malang.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif (tahap-tahap pemeriksaan operasional: persiapan pendahuluan, penelitian lapangan, program pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan, pelaporan dan tindak lanjut), dan data kuantitatif (rasio profitabilitas: perbandingan beban penjualan dengan hasil penjualan, rasio gross profit margin, margin laba operasi, ROI, tingkat pengembalian atas modal).
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa pemeriksaan operasional pada P.R. PT. Penamas Nusaprima Malang masih belum dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan. Hal ini terlihat pada masih masih adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan dalam penyusunan prosedur penjualan yang dilakukan oleh perusahaan masih belum efisien dan efektif dalam fungsi penjualannya. Karena penjualan yang direncanakan belum direalisasikan secara penuh dan masih belum tercapainya sasaran berupa peningkatan laba bersih dengan pengorbanan biaya yang minimal.
Rekomendasi yang penulis sampaikan adalah perusahaan harus memperbaiki prosedur penjualan dengan memisahkan bagian penagihan dengan fungsi kredit yang merangkap juga sebagai fungsi keuangan. Dan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas, perusahaan dalam menentukan anggaran harus melakukan riset pasar dengan tepat dan harus memperhatikan data penjualan atau kondisi masa lalu dan kondisi yang akan datang.

 

Keyword : OPERASIONAL AUDIT; FUNGSI PENJUALAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/14/jiptummpp-gdl-s1-2004-desianaros-652-Pendahul-_.pdf


Keywords


OPERASIONAL AUDIT; FUNGSI PENJUALAN